5 Fakta Unik Kalimantan Selatan



Pulau Kalimantan mempunyai empat propinsi, satu diantaranya adalah Kalimantan Selatan (KalSel). Kalimantan Selatan dengan ibukota Banjarmasin ini mempunyai banyak keunikan yang mungkin belum banyak orang tahu.

5 hal unik kalimantan
Pasar terapung Banjarmasin

Dari banyak keunikan tersebut, Perpustakaan Indonesia mengambil 5 hal menarik yang kami anggap unik.

1. Pasar Terapung
Mungkin ini sudah banyak penduduk Indonesia yang mengenal pasar jenis ini. Wisatawan luar negeripun banyak yang berdatangan hanya ingin melihat keunikan pasar diatas air ini. Dikalimantan Selatan pasar terapung bisa kita jumpai di Banjarmasin (ibu kota Kalsel)

2. Mapanretase atau pesta laut.
Pesta tahunan ini sudah terkenal sampai mancanegara. Berada di Batulicin, ibu kota Tanah Bumbu

3. Kue Apam khas Barabai
Ini bukan kue apam (apem) seperti yang kita jumpai dipasar Jakarta, kue ini terbuat dari beras khas Barabai. Jika Anda menyempatkan mampir ke Barabai, ibu kota kab. Hulu Sungai Tengah cobalah cari kue apam ini, dan rasakan rasa yang berbeda pada kue apam jenis ini

4. Intan Martapura
Menengok ke kabupaten Banjar tepatnya di ibu kotanya (Martapura), disini terkenal dengan Intan Trisakti yang begitu terkenal

5. Amplang Kotabaru
Kalau yang ini mungkin Anda sudah pernah merasakan cemilan Amplang. Amplang sudah banyak kita jumpai di wilayah-wilayah lain (luart pulau Kalimantan)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Fakta Unik Kalimantan Selatan"

Posting Komentar