Bagaimana Cara Wikipedia Mendapatkan Uang?



Wikipedia adalah ensiklopedia online gratis berbasis komunitas (open-source). Kata wiki, asal nama Wikipedia, mengacu pada halaman web atau situs web yang dapat dimodifikasi oleh siapa saja yang mengunjunginya. Wikipedia dimiliki oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan untuk mengelola dan mengoperasikan beberapa proyek wiki. Karena tidak untuk tujuan profit, situs ini hanya mencari uang untuk menutupi biaya operasi saja. Wikipedia tidak mencari uang untuk keuntungan.

Keuntungan Wikipedia

Biaya operasional sehari-hari Wikipedia sifatnya substansial dan mencakup server, bandwidth, perangkat lunak, ruang kantor, dan gaji untuk staf kecil. Untuk menutupi biaya ini, Wikipedia dan Wikimedia Foundation mengandalkan sepenuhnya pada sumbangan. Perlu dicatat bahwa tidak ada iklan online di Wikipedia. Karena situs ini dirancang sebagai upaya kerjasama global, mengkomersialisasikan situs itu akan melemahkan kekuatan akar rumput dan bisa mencuatkan keraguan atas netralitas entri tertentu.

Wikipedia biasanya menerima sebagian besar donasi secara online melalui Wikipedia.org. Wikimedia Foundation terlibat dalam beberapa kegiatan donasi setiap tahun, terutama difokuskan pada media online dan donasi-donasi. Siapapun dapat menyumbang secara online dengan kartu kredit atau PayPal, tetapi Wikipedia juga menerima cek, transfer saham, dan transfer deposit langsung.

Wikimedia Foundation memiliki kewajiban untuk bersikap transparan tentang biaya dan pendapatan sebagai organisasi non-profit, tetapi juga memiliki kewajiban filosofis untuk menjadi transparan karena nilai-nilai inti dari netralitas dan kemasyarakatan. Laman sumbangan Wikipedia.org terus diperbarui dengan data keuangan baru dan informasi lain yang mungkin menarik bagi calon penyumbang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Cara Wikipedia Mendapatkan Uang?"

Posting Komentar