Di Luar Angkasa, Astronot Bercocok Tanam Sayuran



Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) lewat fasilitas baru mereka Vegetable Production System (Veggie) akan telah menjalani misi baru sejak 8 Mei 2014 lalu yakni menumbuhkan sayuran, berocok tanam di antariksa.

Berocok tanam di antariksa Fasilitas Veggie untuk bercocok tanam dalam luar angkasa (foto: NASA)

Menurut akun twitternya, NASA mengatakan kalau misi tersebut berguna agar nantinya para astronot bisa makan sayuran organi yang fresh karena tanaman tersebut telah tersedia di angkasa.

Sebagaimana layaknya tanaman membutuhkan cahaya dan karbon dioksida -menurut riset ini- Untuk karbon dioksida akan diambil dari nafas para astronot dan limbah cair, Sedangkan untuk memproduksi cahaya dengan menggunakan lampu LED biru, hijau dan merah.

Sedangkan untuk mengatur faktor lain seperti mengontrol suhu, NASA telah menyiapkan semua teknologinya dan fasilitasnya dalam ruang kabin yang disebut ISS.

Salah satu ilmuwan yang terlibat langsung dalam proyek ini adalah Gioia Massa. Dilansir dari DNAIndia.com Sabtu (24/5), Gioia Massa mengatakan "Veggie nantinya akan menjadi sumber baru untuk para peneliti dan astronot seiring upaya NASA untuk menumbuhkan sayuran yang fresh dan juga pohon besar dalam ISS."

Dalam misi ini, ketika sayuran telah panen. Sayuran akan dikirim ke bumi terlebih dahulu untuk dicek dan diteliti akan rasa, tingkat keamanan makanan, serta nutrisinya.
Semoga riset ini berjalan baik, NASA.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Di Luar Angkasa, Astronot Bercocok Tanam Sayuran"

Posting Komentar