Kenalkan Pulau-pulau Maluku, Dosen Unpatti Raih Penghargaan Dunia



Joppy Sihasale selama kurun waktu dua tahun selalu mengunjungi pulau-pulau di Maluku, niatnya hanya untuk mengenalkan pulau-pulau tersebut ke balahan dunia. Metode Joppy adalah membangun radio-radio disetiap pulau yang berhasil ia kunjungi.

Penghargaan dosen unpatti Pantai Sulamadaha di Ternate, obyek wisata terkenal di Ternate
(Roderick Adrian Mozes/Kompas Images)

Joppy berhasil mengunjungi tak kurang dari 10 pulau serta gugusan pulau di Maluku juga Bagian uatara Maluku. Pada setiap tempat yang ia datangi kemudian dibangun jaringan komunikasi (radio)

Pulau yang berhasil dikunjungi oleh Joppy yang juga merupakan dosen Fakultas Teknik Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon diantaranya Kepulauan Sula dan Sanana, provinsi Maluku Utara, kabupaten Seram bagian Timur (SBT), kepulauan Kei (Maluku Tenggara), Saparua dan Seram (Maluku Tengah), Pulau Geser dan Gorom, Pulau Banda, Pulau Babar (Maluku Barat Daya), Kepulauan Tanimbar dan Pulau Yamdena di kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

"Apa yang saya lakukan selama ini semata untuk mempromosikan Maluku agar diketahui oleh masyarakat internasional," ujar Joppy yang menghabiskan waktu antara tiga hari sampai satu minggu untuk menginap di pulau-pulau tersebut dan membangun jaringan radio menggunakan callsign YB8XM.

Untuk aktivitas di bidang sosial inilah Joppy Sihasale mendapatkan penghargaan Diamond Certificate untuk kategori IOTA Anctivator dari Radio Britania Raya yang diberikan pada beberapa hari lalu.

Proram penghargaan ini merupakan acara dalam rangka 50 tahun Radio Britis Raya salah satu merupakan radio internasional sebenarnya telah berlangsung 1 Januari 2012 hingga 31 Desember 2013. Tapi penghargaan baru diserahkan setelah Joppy melakukan marathon 50 tahun program Islands On The Air (IOTA) yang digelar Radio Society of Great Britain (RSGB).

Selamat buat Joppy Sihasale, terima kasih atas dedikasinya kepada Indonesia dan khusunya pada Maluku.
(source: Antara dan Kompas)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenalkan Pulau-pulau Maluku, Dosen Unpatti Raih Penghargaan Dunia"

Posting Komentar