Menghadapi Orang yang Sangat Mengganggu



Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sering bertemu dengan orang-orang yang sangat mengganggu. Bentuk gangguannya bermacam-macam. Kadang ia suka menghina, merendahkan, mengungkit-ungkit, sombong, atau pelit. Intinya, kehadirannya sangat tidak kita harapkan. Bagaimana cara menghadapi orang semacam ini?

orang yang menyebalkan

Yang pertama, jika Anda merasa sebagai teman baiknya, mungkin Anda akan berusaha “menyadarkannya”. Pola komunikasi yang sehat mungkin coba Anda jalin. Anda bisa mengatakan bahwa beberapa sikap dan perilakunya kurang atau bahkan tidak Anda sukai. Anda bisa mencoba berbicara dengannya menggunakan alasan-alasan yang rasional, misal, kebiasaan teman Anda yang suka mencela atau sombong, bisa jadi bukan hanya menyusahkan Anda saja, tapi juga orang lain. Ia musti tahu itu.

Namun jika Anda tidak tertarik untuk menyadarkannya, untuk menjalin komunikasi dengannya, cara kedua dan terakhir ini bisa Anda lakukan: Abaikan saja dia. Cara ini sedikit banyak mengurangi konflik-konflik tidak penting yang mungkin terjadi bila Anda intens berhubungan dengannya. Menghindari konflik itu penting. Jangan sampai hati dan pikiran kita panas hanya untuk menanggapi segala kelakuannya.

Mengabaikan bukan berarti memutus kontak. Anda hanya cukup sedikit menjaga jarak dan sesekali menghindar bila perilaku buruknya mulai mengganggu Anda. Lama-kelamaan hati dan pikiran Anda akan tenang dan lebih rileks dalam menghadapinya. Usahakan selalu menghindari perbincangan atau melakukan hal-hal yang bisa memicunya untuk mengeluarkan sifat buruknya. Apapun yang dikatakan atau dilakukannya, jangan dimasukkan hati. Dengar dan lupakan, jangan terlalu serius menanggapinya. Dengan demikian hidup Anda akan jauh ringan daripada sebelumnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menghadapi Orang yang Sangat Mengganggu"

Posting Komentar