Penyebab Kenapa Semua Makanan Di Pesawat Tidak Enak



Masih ingat rasa masakan dalam pesawat? Cobalah teliti lagi apakah ada makanan dalam pesawat yang terasa enak. Ternyata hampir semua orang mengatakan kalau masakan dalam pesawat terbang tidak terasa enak.

Semua makanan di pesawat terbang tidak enak  (foto: Thinkstockphotos)

Ternyata ini semua bukan karena kokinya yang tidak ahli memasak, atau bahan makanannya yang kurang berkualitas.

Sebuah riset dilakukan oleh Fraunhofer Institute, sebuah organisasi riset di Jerman. Riset dilakukan dengan menghidangkan makanan dalam permukaan laut yang bertekanan tinggi. Ternyata rasa tidak enak dipengaruhi oleh udara yang lebih kering dan suasana kabin akan mebuat mati rasa lidah Anda. Ini seperti jika makan dalam kondisi sedang sakit flu.

Pengaruh lain dari rasa tidak sedap pada masakan di pesawat dipengaruhi lembabnya kabin pesawat sehingga udara pada hidung menjadi menipis serta mengering. Ini akan mengakibatkan sensor indra penciuman menjadi lumpuh. Kondisi kabin yang ramai juga mempengaruhi selera makan.

Guna menguji hal ini, dalam Laboratorium Unilever dan Universitas Manchester. Sejumlah 48 orang relawan diberi keripik asin serta biskuit manis. Relawan ditutup matanya agar tidak mengetahui apa yang mereka makan. Sambil mata tertutup mereka diberi headphone untuk mendengarkan suara sunyi dan suara gaduh.

Hasilnya Ketika mereka mendengarkan suara gaduh, makan yang mereka makan hanya berasa renyah saja, rasa manis dan asin berkurang sekitar 30 persen.

Jadi bukan karena kokinya tidak bisa masak atau bahan makanannya yang jelek yang menyebabkan makanan di pesawat semua tidak enak, akan tetapi karena hal yang telah disebutkan diatas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Kenapa Semua Makanan Di Pesawat Tidak Enak"

Posting Komentar