5 Makanan Khas Kota Mumbai, India



Mumbai, India. Kota dengan penduduk terbanyak di negara Bollywood ini merupakan ibu kota negara bagian Maharashtra. Kota yang pada tahun 2011 saja sudah berpenduduk 11,98 juta jiwa ini terletak di Pulau Salsette, lepas pantai barat Maharashtra.

Diantara banyaknya kultur budaya, Mumbay menyimpan masakan khas yang sudah terkenal.
Berikut ini 5 makanan luar biasa yang hanya ada pada kota Mumbai.

1. Pav Bhaaji

Pav Bhaaji, Mumbai
Pav Bhaaji (foto: Wikipedia Commons)

Roti mentega lembut, dengan campuran mentega yang pas membuat roty ini begitu cryspi, juga taburan keju diatasnya. Potongan-potongan kecil bawang, irisan lemon, ketumbar membuat Pav Bhaaji begitu khas dilidah.

1. Panipuri

Panipuri masakan khas mumbai india
Panipuri (foto: Ramakrishna Reddy Y / Creative Commons / Via Flickr: 69042390@N00)

Ini makanan paling terkenal di Mumbai. Makakan berbentuk bola goreng yang diisi dengan kentang
Cara memakannya dengan dicelupkan ke dalam pasta asam manis dan selesai dengan ramuan cairan hijau pedas. Penyajiannya yang satu persatu membuat terdengar rumit, untuk yang belum terbiasa mungkin akan tersedak sebantar. Tapi rasakan ke kenikmatannya ketika Panipuri ini berada pada mulut Anda.

3. Sizzlers

Masakan khas kota Mumbai
Sizzlers (foto: Plonq / Creative Commons / Via Flickr: plonq)

Dibuat oleh Firoz Erani pada tahun 1963, Hidangan ini sangat rumit dengan banyak bahan, dihidangkan dalam loyang besi panas. Sangat banyak bahan yang ditaruh didalamnya seperti kentang goreng, sayuran, daging, saus, keju. Rasakan sendiri sensai masakan khas kota Mumbai ini.

4. Vada Pav

Vada Pav, Mumbai India
Vada Pav (foto: Wikipedia Commons)

Sering disebut "The Indian Burger", sangat pas untuk makanan dalam perjalanan Vada Pav terbuat dari kentang goreng pedas di campur tepung adonan, dan dimakan dengan saus bawang putih pedas serta secangkir chai. Harga Vada Pav tergolong murah

5. Dosas

Dosas masakan khas Mumbai, India
Dosas (foto: Wikipedia Commons)

Dosas atau Dosa adalah crepe yang difermentasi atau pancake yang terbuat dari adonan beras dan kacang hitam. Selain di Mumbai, hidangan pokok ini secara luas populer di seluruh negara bagian India selatan Tamil Nadu, Andhra Pradesh, Karnataka dan Kerala, serta menjadi populer di negara-negara lain seperti Sri Lanka, Malaysia dan Singapura.

Sempatkan untuk mencicipi masakan khas diatas jika Anda berkesempatan melancong ke India. Bisa juga Anda mencobanya di restoran khas India di kota Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Makanan Khas Kota Mumbai, India"

Posting Komentar