Cara Mengatasi Sindrom Alergi Mulut



Sindrom Alergi Mulut atau dalam bahasa medis disebut sebagai (oral allergy syndrome/OAS) adalah gejala dimana mulut akan terasa tidak enak ketika Anda makan sesuatu hingga menimbulkan gatal-gatal pada sekitar mulut, kerongkongan dan bibir.

Cara mengatasi alergi makanan


Alergi seperti ini jamak pada orang dewasa. OAS diakibatkan karena makanan yang kita makan mengandung protein yang sama dengan protein yang menyebabkan alergi pada serbuk sari di pohon birch, dan rumput-rumputan, lain. Biasanya ketika makan buah atau sayuran mentah.

Berikut ini Cara Mengatasi Sindrom Alergi Mulut menurut Dr. Wayne Shreffler, direktur di Food Allergy Center di RS Umum Anak di Boston, AS.

Kenali Gejala OAS
Anda harus bisa mengenali gejal dai alergi ini, seperti bibir yang mulai gatal, ataupun kesemutan. Hetikan makan Anda, muntahkan makanan yang belum dimakan. Konsumsi obat antihistamin untuk mengurangi gejala OAS.

Temukan Makanan Penyebabnya
Cari tahu apa jenis makanan yang membikin Anda alergi terparah. Berbagai macam melon misalnya, dengan mentimun, kiwi, dan pisang dapat memicu reaksi orang yang alergi pada serbuk sari tanaman ragweed. Apel, seledri, pir menimbulkan alergi seperti serbuk sari pohon birch.

Makan dalam Bentuk Lain
Ganti bentuk dari makan yang membuat Anda alergi. Misalnya Anda alergi terhadap apel, tapi anda baik-baik saja ketika makan apel dalam bentuk jus. Bisa juga dengan mengupas kulit buah tersebut.

Periksa ke Dokter Ahli
Jika Anda mengalami OAS yang berlanjut dan tidak bisa anda tanggulangi dengan tips-tips diatas, perikasakan segera pada ahlinya. Karena pada dokter ahli mempunyi metode tes yang bisa mendeteksi gejala alergi.
(Source: LiveScience via National Geographic Indonesia)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Sindrom Alergi Mulut"

Posting Komentar