Ini Dia Proses Produksi Vaksin dari Pengemasan Hingga Distribusi



Tahukah Anda begitu rumitnya pembuatan vaksin? Bahkan ada vaksin yang dibuat selama 15 tahun. Oleh karena itu dalam melakuna pengemasan hingga distribusi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Cara membuat vaksin sendiri
Salah satu proses pengepakkan vaksin (Foto: Dian/detikHealth)

Seperti halnya di produsen vaksin "Biofarma" yang memakai cold chain system yaitu proses penanganan vaksin yang mencakup proses penyimpanan, pengemasan, pengiriman, serta alat yang digunakan.

Proses yang rumit ini diberlakukan untuk menjaga agar vaksin untuk kekebalan tubuh tetap maksimal dari prsoses pengemasan, pengepakkan hingga sampai di tangan konsumen.

Pada saat pengemasan berlangsung, vaksin akan ditaruh di kotak dengan tebal 9 cm serta mempunyai berat 9 kg.
Dalam kotak itu, kemudian vaksin diberi label warna, biru, putih dan merah.
Warna biru memiliki suhu 2-8 derajat, merah berisi air dengan suhu 20-26 derajat dengan untuk warna putih besisi es.

Pemantau Suhu Vaksin Saat Pengiriman
Ada yang namanya freeze tag atau fridge tag. Yakni alamat pemantau suhu, dalam kemasan vaksin juga terdapat Vaccine Vial Monitor (VVM) yang terdapat pada kemasan berguna jika konsumen ingin memastikan kualitas dari vaksin itu sendiri.

VVN ini adalah label berwarna putih yang terdapat dalam kemasan. warna putih akan berubah ke abu-abu jika vaksin terpapar panas. Untuk kelebihan VVM ini, jika vaksin terlanjut tersimpan dalam suhu diatas batas kemudian ingin disimpan pada suhu yang seharusnya, maka vaksin sudah tidak bisa kembali lagi.

Jika vaksin terpapar suhu yang semakin panas, maka warna akan semakin gelap. Untuk kondisi seperti ini, sebaiknya meskipun kadaluarsanya masih jauh, vaksin jangan digunakan.

Rumitnya Proses Distribusi Vaksin
Setah pengemasan seleasai, dalam pendistribusian juga harus secara extra hati-hati. Jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Dalam pendistribusian vaksin juga tidak menggunakan sembarang angkutan, petugas juga harus usah mendapatkan training. Petugas pengiriman juga memiliki pengamalan dan telah terbiasa menangani produk rush handling (sumber:kompas.com)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Dia Proses Produksi Vaksin dari Pengemasan Hingga Distribusi"

Posting Komentar