Kisah Mehran Nasseri, Terjebak 18 Tahun di Bandara Paris



Ini kisah unik dari seorang berkewarganegaraan Iran yang hidup selama 18 tahun di dalam terminal Bandara kota Paris, Perancis. Kok bisa?

]Kisah unik Mehran karimi Nasseri
Mehran Karimi Nasseri (foto: wikipedia )

Pada tahun 1977. Mehran Nasseri dibuang dari Iran karena aktivitas protesnya pada negara tersebut. Kemudian Mehran Nasseri hidup berpindah-pindah ke beberapa negara selama kurang lebih 4 tahun.

Pada saat di Belgia, tepatnya tahun 1981 atas permintaan Mehran Nasseri, pemerintah Belgia memberikan dokumen-dokumen pengungsian yang sesuai terhadap Mehran. Pada tahun 1986 Mehran meninggalkan Belgia, dia berniat pergi ke Inggris.

Mehran Nasseri melakukan perjalanan ke Inggris melalui Perancis. Pada saat di Perancis, semua dokumen kepengungsiannya hilang dicuri. Sehingga dia tidak memiliki dokumen apapun mengenai dirinya. Dengan segala upaya Mehran Nasseri memang berhasil pergi ke London, tapi dikarenakan tidak ada dokumen pengungsi, pihak Inggris mengembalikan Mehran Nasseri ke Perancis kembali.

Apa mau dikata, setelah dia berada di Perancis kembali, pihak Perancis tidak mau menerimanya, dan juga tidak mau mendeportasi Mehran Nasseri. Ketika ia meminta untuk dikirimkan kembali ke Belgia, pun pihak Perancis tidak mengabulkan dengan alasan dikhawatirkan dia bukan Mehran Nasseri yang asli.

jadilah Mehran Nasseri terjebak dalam Bandara kota Paris, tidak tanggung-tanggung dia menghabiskan sampai 18 tahun di dalam bandara tersebut. Dia tidur di bangku bandara, mencuci di wastafel, memgharapkan belas kasihan dari teman-teman di bandara untuk makan.

Harapan setelah penantian 18 tahun pun tiba, saat itu tahun 1995. Pihak Belgia mengatakan kalau dia bisa kembali lagi ke Belgia. Pada tahun 1999, Perancis juga mengatakan kalau Mehran Nasseri bisa mendapatkan status warga negara. Tapi dari semua tawaran tersebut, Mehran Nasseri menolak dengan alasan dia takut meninggalkan bandara. Palang Merah Perancis kemudian merawatnya pada tahun 2006 selama setahun, hingga di tahun 2007 Mehran Nasseri dipindahkan ke tempat penampunyan tunawisma di kota Paris.

Kisah pria malang Mehran Nasseri ini juga dijadikan inspirasi dalam film Terminal dengan bintang Tom Hanks pada tahun 2004

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kisah Mehran Nasseri, Terjebak 18 Tahun di Bandara Paris"

Posting Komentar