Mengenal Lebih Dekat Candi Pawon



Fungsi candi ini lain dari biasanya, Candi yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan senjata. Senjata yang disebut dengan Vajranala adalah senjata milik Raja Indera yang hidup dalam mitologi India.

Keunikan candi pawon
Candi Pawon (foto: Wikipedia)

Asal Usul Nama Candi Pawon
Dalam tafsiran J.G de Casparis, Pawon berarti abu (bahas Jawa = awu) yang kemudian mendapatkan awalan pa dan akhir an sehingga menjadi perabuan, menunjukkan suatu tempat.
Sedangkan dalam bahasa jawa percakapan, pawon berarti dapur.

Nama Lain Candi Pawon
Candi Pawon yang terletak di desa Brojonalan, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini juga mempunya nama lain, yaitu Candi Bajranalan. Ini merupakan bahasa sanksekerta yang berarti petir (vajra) dan api (anala).

Candi Pawon merupakan bangunan suci umat Buddha, Candi ini diapit oleh dua candi terkenal lainnya. Yakni dipit oleh candi Borobudur dan Candi Mendut. Letak Candi Pawon 1.150 meter dar candi Mendut dan 1.759 meter dari candi Borobudur.

Terdapat hubungan dekat antara candi Pawon, candi Mendut dan candi Borobudur, letaknya yang satu poros ketiga candi teserbut dan juga adanya kemiripan pada relief di ketiga candi tersebut. Penelitian juga menunjukkan kalau relief yang ada pada candi Pawon merupakan cikal bakal relief di candi Borobudur.

Poerbatjaraka mengatakan kalau candi Pawon merupakan cikal bakal (upa angga) dari candi Borobudur. Candi Pawon mempunyai arsitektur India dan Hindu Juwa Kuno, candi ini juga pernah mengalami pemugaran pada tahun 1903.

Akses Menuju Candi Pawon
Jika Anda dari Yogyakarta, Anda hanya memerlukan waktu 1 jam perjalanan lagi, Jika ingin cepat dan mudah Anda bisa menggunakan jasa traveling kesana. Di hotel-hotel di Yogyakarta juga menyediakan jasa sewa menuju candi Pawon.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Lebih Dekat Candi Pawon"

Posting Komentar