Menghadapi Teman yang Suka Mengeluhkan Persoalan Pribadinya



Q: Saya punya karyawati yang kerap mengeluhkan kondisi rumah tangganya. Dia suka mengadukan ulah suaminya yang brengsek dan menyebalkan. Suaminya juga kerap menceritakan perangai karyawati itu kepada saya, tapi setiap kali saya beri saran mereka selalu ngeyel dan cenderung mendebat saya. Berulang kali yang mereka adukan hanya kekisruhan domestik yang itu-itu saja, dan saya seperti sudah kehabisan komentar untuk mereka. What should I do?

Teman yang Hobi Mengeluh

A: Mulai sekarang tegaskan pada dia untuk menyelesaikan masalahnya secara internal, persetan hasilnya bagaimana. Bilang padanya untuk belajar bersama suaminya menjalani hidup dengan segala pahit getirnya. Selama dia bekerja dengan baik dan jujur untuk sampeyan, everything will be fine. Secara bertahap hindari percakapan yang mengarah pada curhatan rumahtangganya.

Sampeyan juga salah, ngapain mau buang-buang waktu, energi dan pikiran untuk hal yang tidak konstruktif. Lama-lama karyawati seperti itu akan memanfaatkan kebaikan sampeyan, memanipulasi belas kasih dan simpati sampeyan, sehingg bakal kabur hubungan antara pegawai dan atasan.

Mulai sekarang, demi kebaikan masing-masing pihak, tegaskan padanya bahwa sampeyan bukan paranormal, psikiater, atau konsultan perkawinannya. Katakan dengan tegas: Saya tidak punya solusi untuk masalah rumah tanggamu! (Arif Subiyanto)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menghadapi Teman yang Suka Mengeluhkan Persoalan Pribadinya"

Posting Komentar