Playing God untuk Kebahagiaan Seseorang



'Playing god' itu artinya ya berlagak menjadi Tuhan, baik dalam sikap maupun tindakan. Ada banyak hal yang jika kita lakukan (atau kita urungkan) akan mempengaruhi atau mengubah nasib orang. Contoh kecil: keputusan seorang dosen mempercepat bimbingan skripsi muridnya pasti berdampak besar terhadap karir, masa depan dan perjalanan hidup mahasiswa bimbingannya. Keputusan anda membebaskan seekor binatang liar yang terjebak jerat pemburu di hutan, pasti berpengaruh pada kelangsungan hidupnya. Pada kasus-kasus seperti itulah kita memainkan secuil peranan Tuhan.

Kebahagiaan Orang Lain

Saya pernah didatangi sepasang mahasiswa beberapa tahun lalu. Mereka datang ke rumah meminta saya mengoreksi sebuah dokumen yang ditulis si perempuan untuk perusahaan tempat dia magang. Kesempatan terbuka bagi gadis itu untuk bekerja di sana setelah dia lulus dari perguruan tinggi, sebab selain dia cantik, wataknya pun luwes dan 'mrantasi' alias cekatan dan mandiri.

Mengoreksi selembar dokumen berbahasa Inggris seberapa sulitnya bagi saya? Tapi sekian kali mereka menagihnya lewat SMS, inbox maupun email, sekian kali pula saya menangguhkannya. Saya tahu risikonya: dia kecewa, heran atau kesal kepada saya. Tapi saya punya alasan yang lebih kuat dari kekuatiran atas penilaian mereka: saya lihat si lelaki teramat mencintai pacarnya. Dalam benak saya sudah menerawang jauh: si perempuan ini besar hokinya.

Kalau saya koreksi dokumen yang disodorkannya, dia pasti hengkang ke lain provinsi meninggalkan si lelaki yang mata hatinya tak bisa berpaling lagi. Bukan karena iktikad buruk atau niat menjegal karir si wanita saya mengingkari kesanggupan saya. Saya tidak tega kepada si lelaki yang sudah takluk dan gelap mata. Terakhir saya cek akun mereka. Ternyata pasangan itu sudah menikah dan dihadiahi seorang momongan. Kepada pasangan tadi saya memohon maaf. I was playing God because I didn't want to see a sad ending to your love story. (Arif Subiyanto)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Playing God untuk Kebahagiaan Seseorang"

Posting Komentar