Yang Harus Dilakukan Ketika Stres, Galau, dan Bingung



Apa yang harus dilakukan ketika anda stres, galau dan bingung?

1. Talk to someone you really trust. Orang yang benar-benar sampeyan percayai, yang tidak punya kepentingan untuk memanfaatkan uang, jabatan, tubuh atau kebingungan sampeyan.

Gambar Orang Curhat


Jangan bicara kepada orang sok pintar yang hanya ingin membuktikan teorinya atau bereksperimen dengan kondisi sampeyan yang lagi koplak tidak ketulungan. Bicaralah padanya sejujur-jujurnya, jangan repot-repot menyensor kosakata sampeyan.

Be perfectly honest. Biarkan orang itu menjadi kuping dan otak anda. Biarkan dia memikirkan solusi yang terbaik untuk anda. Otak sampeyan lagi payah, jadi anggap saja orang itu staf ahli atau pakar spesialis yang sampeyan sewa jasanya untuk menggantikan peranan otak sampeyan yang lagi lemah sinyalnya.

2. Jalani saja semua kegalauan dan kebingungan yang sedang melanda diri anda. Jangan terburu nafsu untuk bangkit dari keterpurukan itu. Stres dan bingung itu berguna sebagai penyeimbang jiwa.

Lihatlah orang yang anda kagumi karena mereka tak pernah stres, selalu bijak bestari, jiwanya tenang teduh dan punya segala solusi bagi masalah bagi manusia hidup maupun arwah orang mati. Those people are unreal. Be grateful that as a person you are authentic and real.

Nikmati saja kebingungan, kegalauan dan kedunguan anda. Yang penting jangan berbuat tolol seperti polos di jalan atau bunuh diri. Tak usah pula memeras otak mencari solusi. Kadang-kadang setelah emosi sampeyan reda, solusi itu datang sendiri. (Arif Subiyanto)

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Yang Harus Dilakukan Ketika Stres, Galau, dan Bingung"

Posting Komentar