10 Karya Seni Berharga yang Ditemukan di Tempat Tak Lazim



Karyaseni bisa terjual dengan jutaan dolar, sehingga jika ada barang berharga berupa karyaseni dari orang terkenal yang ditemukan selalu saja ramai dibicarakan.

Jika kebanyakan karyaseni ditemukan ditempat penyimpanan atau rumah sang seniman, 10 karyaseni ini ditemukan di tempat yang tidak biasanya;

1. Karya Seni Nazi dalam Apartemen Kecil
Pada tahun 2012, polisi menemukan koleksi lebih dari 1.300 karya seni di sebuah apartemen kecil di Munich. Sebagian besar bangunan tersebut telah takut hancur selama pemerintahan Nazi di Jerman. Koleksi yang ditemukan itu milik agen Hildebrand Gurlitt, dia menggunakan posisinya di Komisi Nazi "Exploitation of Degenerate Art" untuk menyembunyikan diri dan menjual sejumlah besar lukisan.

Nazi Artwork
Nazi Artwork
(image : toptenz.net)

Karya seni, yang sebagian besar tampaknya telah diperoleh secara sah ini,
diwariskan oleh anaknya, Cornelius Gurliit. Cornelius menumpuk sebagian besar karya seni ini di apartemennya yang kecil, dia hanya menjual beberapa karya seni ketika terhimpit masalah finansial saja. Setelah kematiannya pada Mei 2014, sebagian besar karya seni dikirimkan ke sebuah museum di Swiss.

2. Lukisan Ditemukan dalam Sofa
Pada tahun 2007, seorang mahasiswa Jerman di Berlin membeli sofa dari pasar loak. Ketika dia membuka sofa di rumah, dia menemukan lukisan cat minyak kecil di dalamnya. Lukisan yang disebut dengan "Preparation to Escape to Egypt" ini tidak diketahui asal muasalnya, Menurut rumah lalang yang ditunjuk untuk menjual lukisan ini, potongan lukisan ini diyakini milik Carlo Saraceni.

Preparation to Escape to Egypt
Preparation to Escape to Egypt
(photo: elitechoice.org)

Lukisan ini dibeli di Hamburg oleh seorang penawar asing dengan harga $27.630.

3. Lukisan Tamayo ditemukan dalam Tumpukan Sampah
Seorang warga New York menemukan sebuah lukisan tergeletak di tempat sampah ketika dia berjalan di daerah Manhattan pada tahun 2003.

Warga yang bernama Elizabeth Gibson ini memang tidak tahu apa-apa tentang seni modern tetapi memutuskan untuk mengambil lukisan tersebut. Setelah menghabiskan empat tahun mencoba untuk mencari tahu informasi tentang lukisan ini. Ia akhirnya melihat sebuah website yang memunculkan lukisan tersebut dalam Antiques Roadshow.

Lukisan Tres Personajes
Lukisan Tres Personajes
(photo: wikiart.org)

Lukisan itu karya seniman Meksiko Rufino Tamayo, yang meninggal pada tahun 1991. Lukisan yang merupakan bagian "Tres personajes" ini dibuat pada tahun 1970. Sebelumnya lukisan ini milik seorang kolektor tanpa nama di Houston. Lukisan ini kemudian dicuri.

Elizabeth Gibson menerima persentase sebesar $15.000 sebagai hadiah karena telah menemukan lukisan berharga ini.

4. Patung Buddha Emas Ditemukan dalam Patung Biasa
Sebuah patung Buddha yang berasal dari abad ke-13 atau ke-14 dipindahkan ke berbagai kuil selama beberapa tahun sebelum akhirnya menetap di Wat Traimit di Thailand. Candi ini tidak cukup besar untuk menampung patung sehingga pihak terkait memilih untuk meletakkannya di luar. Dimana patung ini hanya ditutupi oleh seng.

Patung Buddha Emas
Patung Buddha Emas
(image: toptenz.net)

Pada tahun 1954, ketika patung tersebut akan dibuatkan rumah, Para pekerja mengetahui plester yang menutupi permukaan patung tersebut telah terkelupas dan ternyata patung tersebut terbuat dari emas padat.

Para ahli berteori, ditutupnya patung tersebut dengan sejenis plester dan cat untuk mencegah dari pencurian. Dan juga untuk menyembunyikan nilai dari patung tersebut. Tapi seiring waktu, orang akan lupa patung yang di plester dan di cat itu dari emas, mereka akan menganggap patung emas tadi adalah patung biasa.

5. Lukisan Jackson Pollock Ditemukan di Toko Barang Bekas
Pada tahun 1990, pensiunan sopir truk Teri Horton memasuki sebuah toko barang bekas dan melihat lukisan aneh. Setelah negosiasi disepakati harga $5 untuk sebuah lukisan tersebut, dia membawanya pulang berniat untuk memberikannya kepada seorang teman sebagai hadiah. Namun, seorang guru seni kebetulan melihat lukisan dengan gaya yang unik, dan percaya bahwa lukisan tersebut karya Jackson Pollock.

Lukisan Jackson Pollock
Lukisan Jackson Pollock
(image: NYtimes.com)

Horton kemudian menyelidiki lukisan yang dianggap karya Jackson Pollock. Ia mendapat bantuan dari ahli forensik sebagai syarat verifikasi untuk rumah lelang. Pencocokan sidik jari parsial pada lukisan dengan beberapa perlatan seni Jakscon Pollock tampaknya membuktikan bahwa lukisan itu asli. Meskipun masih ada perdebatan sengit mengenai apakah itu otentik, sejak itu banyak penawaran untuk lukisan ini. Sekarang lukisan tersebut bernilai $50 juta di galeri Toronto.

6. Poster Film Klasik Tahun 1930 Ditemukan di Toko Barang Bekas
Laura Stouffer, seorang pedagang seni dan kolektor mendapatkan poster film klasik 1930 "All Quiet on the Western Front" di toko barang bekas. Dia membelinya dengan harga murah.

Poster Film Klasik Tahun 1930
Poster Film Klasik Tahun 1930

Poster ini merupakan memorabilia yang sangat sedikit dari film klasik, membuat poster ini bernilai mahal pada masa sekarang.

7. Lukisan Giovanni Boldini Ditemukan di Apartemen Kosong
Dalam apartemen yang telah ditinggalkan selama 70 tahun ditemukan lukisan karya seniman Giovanni Boldini yang akhirnya terjual seharga $ 2,5 juta. Pemilik asli dari apartemen itu melarikan diri Paris sebelum Perang Dunia II dimulai, namun dia tetap membayar biaya apartemen meskipun tidak pernah kembali ke sana dari rumah barunya di selatan Perancis. Ketika dia meninggal pada tahun 2010, pihak terkait memerikas apartemen dan menemukan sejumlah barang berharga.

Lukisan Marthe de Florian
Lukisan Marthe de Florian karya Giovanni Boldini (1888) (foto: Wikipedia)

Diantara barang berharga yang ditemukan dalam apartemen kosong ini terdapat lukisan yang menarik semua orang. Lukisan ini kemudian diyakini asli milik Giovanni Boldini

8. Patung Venus de Milo Ditemukan Terkubur Dalam Tanah
Patung terkenal ini tidak sengaja ditemukan ketika seorang pria dari desa Yunani Tripiti yang bernama Yorgos Kentrotas terkubur dibawah tanah ketika dia bekerja. Dengan bantuan seorang petani lokal, Yorgos dapat menggali seluruh patung dan sejumlah patung lainnya dalam beberapa jam.

Patung Venus de Milo
Patung Venus de Milo
(photo: wikipedia.org)

Patung ini kemudian dibeli oleh duta besar Prancis dan kemudian diserahkan kepada Raja Louis XVIII sebagai hadiah, yang kemudian disumbangkan ke Louvre.

9. Patung Mesir Kuno Ditemukan di Ruang Bawah Tanah
Patung Mesir Kuno berumur 2.700 tahun "Firaun Taharga" ditemukan di ruang bawah tanah sebuah museum Inggris.

Patung Pharaoh Taharqa Patung Pharaoh Taharqa
(photo: Wikipedia.org)

Karya seni ini ditinggalkan di ruang bawah tanah di Southampton dalam musium God’s House Tower selama lebih dari seratus tahun. Staf musium tidak menyadari bahwa patung sangat bernilai, dia menggunakannya sebagai rak sepeda.

Patung ini baru diketahui sangat berharga ketika dua ahli Mesir mengunjungi museum dan melihatnya.

Tidak ada yang tahu bagaimana orang bisa meninggalkan sebuah karya seni bersejarah di ruang bawah tanah begitu lama. Namun, sejak saat itu patung telah dipindahkan ke galeri sendiri.

10. Lempengan Batu Kuno Ditemukan Dibawah Kota.
Pada tanggal 25 Februari 1978, sejumlah pekerja listrik yang menggali jalan untuk mulai meletakkan kabel baru. Setelah menggali dua meter, mereka memukul potongan baty besar. Setelah dilakukan penggalian dengan hati-hati, ditemukan lempengan batu raksasa yang beratnya sekitar 20 ton. Lempengan tersebut memiliki ukiran rinci yang menggambarkan dewi Aztec Coyolxauhqui.

Lempengan Batu Aztec Coyolxauhqui
Lempengan Batu Aztec Coyolxauhqui
(image: Wikipedia.org)

Penemuan ini menyebabkan pekerjaan penggalian kabel listrik dihentikan. Setelah menghancurkan blok apartemen, arkeolog mulai bekerja dengan menggali tanah di sekitar dan menemukan bahwa tempat itu adalah situs dari sebuah kuil Aztec kuno yang telah dihancurkan oleh pasukan kolonial Spanyol.

Sebagian besar temuan sekarang berada di Templo Mayor Museum yang hanya berjarak 200 meter dari tempat asli ditemukan. (sumber: situs toptenz )

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Karya Seni Berharga yang Ditemukan di Tempat Tak Lazim"

Posting Komentar