14 Tips Agar Baterai Tahan Lama pada Ponsel Android



Smartphone memang ponsel yang powerfull, sebagai telepon pintar, smartphone bisa mengerjakan banyak hal. Tapi dari semua kehebatan ini harus dibayar dengan borosnya baterai.

Cara Agar Baterai Android Tahan Lama
Report konsumsi daya baterai pada Android
(image: Mashable.com)

Meskipun produsesn smartphone berlomba-lomba membuat ponsel Android dengan kekuatan baterai yang tahan lama, tapi secara umum, baterai smartphone tetap saja cepat habis dibandingkan dengan ponsel biasa.

Berikut ini 14 tips agar baterai Android tahan lama. Jika Anda memakai hanya satu atau dua trik dibawah ini, mungkin tidak terasa perbedaannya. Tapi jika Anda melaksanakan semua 14 tips dibawah ini, seharusnya ponsel Anda sudah sangat irit daya.

1. Periksa laporan konsumsi daya baterai
Android memiliki laporan konsumsi baterai yang sudah disematkan didalamnya. Dengan ini Anda bisa melihat mana aplikasi yang rakus terhadap daya.

2. Buang aplikasi yang tidak perlu
Jika Anda maniak aplikasi, mungkin sudah waktunya untuk membuang aplikasi yang tidak perlu untuk memberi ruang bernafas pada perangkat Anda. Hilangkan juga aplikasi bawaan Android jika menurut Anda itu jarang digunakan atau malah tidak pernah dipakai.
Menghilangkan aplikasi mungkin tidak memiliki efek langsung pada daya tahan baterai, tetapi ini akan mengoptimalkan konten pada ponsel Anda. Dengan minimnya aplikasi juga akan membuat pengoperasian smartphone akan sangat nyaman. Dan juga hal sepeti ini akan membuat loading pada gadget Anda menjadi lebih cepat.

3 Exit (tutup) sticky aplikasi
Beberapa aplikasi cenderung tetap aktif bahkan akan selalu ada di "background" ponsel. Aplikasi yang selalu menempel ini biasanya meninggalkan ikon kecil di status bar, ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut masih beroperasi. Anda harus benar-benar menutup sticky aplikasi ini.

4. Tweak sinkronisasi
Apakah Anda memiliki banyak account email di Android Anda? Atau mungkin Anda mempunyai sejumlah layanan online? "Lucuti" layanan tersebut dan usahakan Anda hanya add satu email account saja.

5. Matikan Bluetooth, LTE, GPS dan NFC ketika Anda tidak membutuhkannya
Hidupkan Bluetooth, LTE, GPS dan NFC jika Anda mau mengunakannya saja, setelah selesai jangan lupa untuk mematikannya kembali.

6 Aktifkan feature hemat baterau ponsel Anda
Sebagian besar smartphone saat ini memiliki beberapa bentuk fitur untuk menghemat baterai. Seperti halnya yang dimiliki Sony Xperia S lewat feature yang disebuyt Stamina, juga feature Ultra dari Galaxy S5 dan masih banyak lagi produsen smarthpone yang sudah menyematkan feature hemat daya dalam ponsel mereka.

7. Buang wallpaper live
Live wallpaper memang sangat menarik, banyak sekali pilihan gambar untuk dijadikan wallpaper pada gadget. Tapi ini juga penyebab bateri gadget cepat habis.

8 Batasi jumlah widget pada homescreen Anda
Memiliki banyak widget di homescreen Anda mungkin terlihat keren, tetapi juga dapat memberatkan kinerja baterai.

9. Atur tingkat kecerahan ponsel
Jangan bilang ini sepele, jika level kecerahan sangat tinggi, maka bateri juga akan cepat habis.

10 Selalu update aplikasi
Selalu update firmware Anda (perangkat lunak sistem) dan aplikasi pihak ketiga. Pengembang sering memberikan berbagai macam perbaikan bug dan peningkatan kinerja.

11. Pengaturan Sleep Time
Seting pengaturan SleepTime mungkin detail kecil, tetapi ini bisa menghemat daya baterai Anda. Atur pengaturan sleep kira-kira 1 menit.

12. Gunakan wallpaper gelap dan tema dengan AMOLED
Apakah ponsel Anda dilengkapi dengan layar AMOLED? Anda bisa cek melalui buku manual atau eksplore pengaturan telepon Anda. Teknologi ini banyak ditemukan pada smartphone higher-end milik Samsung (baca tentang AMOLED di Wikipedia).

Perlu diketahui, ketika menampilkan warna yang lebih cerah, ponsel akan banyak meyerap konsumsi baterai. Tapi ketika menampilkan warna gelap daya yang dibutuhkan lebih kecil dengan layar AMOLED. Karena ini, lebih baik menggunakan gambar lebih gelap pada wallpaper atau thema Anda.

13. Matikan (turn off) vibration, jika tidak penting bagi Anda
Fiture vibration membutuhkan daya agar dapat berfungsi. Jika Anda menerima banyak notifikasi yang membuat ponsel Anda bergetar sepanjang waktu, tentunya ini sangat murnguras baterai Anda. Matikan saja kalau memang tidak diperlukan.

14. Gunakan selalu baterai orisinil
Apakah baterai ponsel Anda pernah diganti? Pastikan baterai Anda asli dari produsen ponsel tersebut. Baterai asli dari produsen lebih tahan lama daripada buatan produsen pihak ketiga. Memang harganya bisa lebih mahal, tapi harga itu akan layak dengan performanya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "14 Tips Agar Baterai Tahan Lama pada Ponsel Android"

Posting Komentar