21 Obyek Wisata Daerah Dieng



Kawasan wisata Dieng, Jawa Tengah menyimpan tidak kurang dari 21 objek alam dan menjadi andalan pariwisata daerah untuk menyedot wisatawan asing dan domestik. Puluhan tempat sepert danau, gua, sumber air panas, air terjun, dan lain-lain, masih menjadi andalan pariwisata di Provinsi Jawa Tengah pada umumnya, serta Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara khususnya, kata Drs. Markun Sriyanto, aktivis pariwisata di Wonosobo, Rabu.

Wisata Telaga Warna, Wonosobo
Tak hanya candi, Kabupaten Wonosobo (Jateng) juga menyimpan kekayaan wisata alam yang begitu indah. (foto: tribunnews.com)

"Benda-benda alam di daerah Dieng terletak di dua kabupaten yakni Wonosobo dan Banjarnegara," katanya saat dihubungi dari Semarang. Menurut dia, wisata alam yang ada di Kabupaten Wonosobo sekitar 12 benda.

Keduabelas obyek wisata Wonosobo itu adalah:
1. Telaga Warna
2. Danau Pengilon
3. Gua Semar
4. Gua Sumur
5. Gua Kuda
6. Batu Semar
7. Kawah Sikendang
8. Kolam Kecebong
9. Air Terjun Sikarim
10. Air terjun Seloka
11. Gunung Sikunir
12. Telaga Menjer

Sementara obyek wisata alam yang masuk kawasan Dieng Kabupaten Banjarnegara tidak kurang dari sembilan obyek, Yakni:

1. Air Terjun Sirawe
2. Kawah Sikidang
3. Danau Balekambang
4. Danau Merdada
5. Danau Dringo
6. Kawah Sileri
7. Kawah Candradimuka
8. Sumur Jalatunda
9. Goa

"Sampai saat ini semua air terjun yang terus dikelola dengan baik oleh masing-masing pemerintah kabupaten, bahkan Dinas Pariwisata Jateng juga aktif memasarkan objek wisata di daerah ini," katanya.
Karena itu tidak mengherankan jika Dieng sampai sekarang terus diminati oleh wisatawan baik domestik maupun asing, katanya. Menurut dia, selain wisata alam, kawasan Dieng juga memiliki objek budaya kesenian, seperti seni pertunjukan tari mengangguk, dan tradisi mencukur rambut kusut dan kerajinan yang bervariasi. Disini juga terdapat situs peninggalan sejarah seperti Candi Arjuna, Candi Dwarawati, Candi Gatotkaca, dll

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "21 Obyek Wisata Daerah Dieng"

Posting Komentar