4 Hal Menghadapi Kritikan yang Menyakitkan di Kantor



Kritikan bisa datang dari atasan atau dari rekan kerja Anda. Ada yang menyampaikan kritikan tersebut dengan lembut, tapi adapula yang memberi kritikan dengan menyakitkan.

Cara menghadapi kritikan di tempat kerja
Tidak semua kritikan itu benar (image: Thinkstock)

Kita bisa mengambil manfaat dari kritikan-kritikan tersebut, walaupun sulit tapi Anda harus bisa menghadapinya.
Dalam buku "Go Global" milik Handi Kurniawan terdapat 4 cara menghadapi kritikan di tempat kerja.

1. Sumber Kritikan
Jika kritika yang diarahkan pada Anda berasal dari orang yang ahli dibidang tersebut, ada baiknya Anda mendengarkan dan merenungi kritikan tersebut. Tapi jika itu berasal dari orang yang belum Anda kenal, silahkan abaikan.

2. Jangan Terlalu Dimasukan dalam Hati.
Direnungkan dan dipikirkan boleh saja, tapi jangan berkepanjangan. Jika Anda terlalu memikirkan suatu kritikan, dikhawatirkan malah akan menimbulakan rasa kesal yang berlarut-larut. Lebih baik gunakan energi anda untuk membuktikan bahwa Anda adalah orang yang mau berusaha memperbaiki suatu kesalahan dan belajar dari kesalahan.

3. Tanggapi Kritikan Secara Bijaksana
Ucapkan saja terima kasih pada orang yang mengkritik Anda, itu berarti hasil kerja Anda diperhatikan. Tidak usah seketika melakukan pembelaan, karena yang mengerti kekurangan dan kelebihan Anda tentunya Anda sendiri. Jika memang kritikan tesebut sesuai dengan kenyataan, jadikan hal itu sebagai masukan.

4. Membuktikan Kritikan dengan Sebuah Hasil
Perubahan positif setelah dikritik, hasil kerja yang menjadi lebih baik adalah jawaban yang benar untuk menghadapi sebuah kritikan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Hal Menghadapi Kritikan yang Menyakitkan di Kantor"

Posting Komentar