4 Mamalia Paling Kecil Di Dunia



Dengan ukurannya yang mini, terbukti mamalia berikut ini bertahan diganasnya hukum rimba. Berikut ini adalah 5 Mamalia dengan ukuran paling kecil di dunia:

Kelelawar Bumblebee - Craseonycteris thonglongyai
Kelelawar Bumblebee (Craseonycteris thonglongyai) | Kredit: fionareid.ca

1. Jerboa kerdil
Jerboa merupakan tikus paling kecil didunia, dengan panjang yang hanya dua inchi dengan ekor tiga sampai sepuluh inci panjangnya. Berat mamalia ini juga hanya sekitar 3 gram. Dengan nama lain Salpingo Tulus Michaelis, mamalia asli Afghanistan dan Pakistan ini pernah menjadi sensasi viral YouTube tahun 2010.

Salah satu jenis mamalia ini, yakni jenis Jerboa Efrat bertelinga panjang (Euphratica Allactaga) sangat dikagumi di Afghanistan, sehingga pada tahun 1989 pemerintah setempat mendedikasikan cap tikus.

2. Shrew mole Amerika
Shrew mole Amerika yang beratnya setara dengan dua sen Amerika, dan panjang sekitar dua setengah inci. Tikus mol (Neurotrichus gibbsii) ini dikenal juga sebagai tikus mol Gibb dan hidup di hutan lembab di bagian barat laut Amerika Serikat dan barat daya British Columbia. Seperti tikus mol lain, shrew mole Amerika memiliki moncong panjang dengan ujung pipih dan tajam, kuku runcing pada kaki untuk menggali.

Tidak seperti kerabat molnya yang menghabiskan sebagian besar hidup mereka menggali terowongan bawah tanah, namun, shrew mole Amerika sering ditemukan mencari makan di atas tanah.

3. Kelelawar Bumblebee
Kelelawar Bumblebee merupakan mamalia terkecil di dunia. Bernama Latin Craseonycteris thonglongyai, berat spesies ini hanya mendekati 2 gram dan berukuran satu hingga 1,3 inci panjang. Ditemukan oleh ahli zoologi Thailand, Kitty Thonglongyai, pada 1974.

Kelelawar ini tinggal di gua-gua batu kapur di dalam hutan dan hanya ditemukan di daerah-daerah kecil di Thailand sebelah barat serta selatan-timur Myanmar. Habitatnya tengah dihancurkan oleh deforestasi dan pariwisata, membuat Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam memasukkannya sebagai salah satu hewan terancam punah.

4. Possum kerdil
Possum kerdil atau Cercartetus nanus, adalah bagian dari keluarga marsupial, yang juga termasuk wombat, setan Tasmania, dan koala. Panjangnya antara 2 sampai 4 inci, berat possum kerdil hanya 10 sampai 45 gram. Mamalia mungil ini aktif di malam hari.

Mereka menggunakan ekor untuk menggantung terbalik di pohon. Keberadaan mereka dapat ditemukan di Australia, Papua Nugini, dan Indonesia. Selama musim dingin, possum menggulung menjadi bola kecil yang ketat untuk hibernasi sementara. Selama hibernasi, suhu tubuh dan metabolismenya berkurang sehingga tidak perlu makan, namun menerima makanan dari lemak yang tersimpan dalam ekornya

Semua hewan diatas sangat terancam keberadaanya, mari lestarikan keberadaan mereka agar anak cucu kita bisa melihatnya juga. (sumber: Monika Dhita Adiati. - Live Science via Nationalgeographic.co.id)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Mamalia Paling Kecil Di Dunia"

Posting Komentar