4 Tips Tidur Pulas Ketika Anda Insomnia



Tidur malam yang baik sangat penting untuk kesehatan yang optimal. Tanpa tidur yang baik, tidak hanya akan Anda merasa lelah, Anda mungkin akan sulit fokus pada tugas-tugas esok harinya.

Mencegah Insomnia
Sebuah teknik tradisional untuk tidur pulas adalah memvisualisasikan domba dan menganggap mereka melintasi dalam imajinasi Anda seraya menghitung mereka.
(image: mindthesciencegap.org)

Berikut ini 4 teknik untuk tidur pulas ketika Anda sulit tidur dari Ehow.com

1. Singkirkan Pengalih Perhatian Tidur
Anda mungkin mengalami kesulitan tidur karena pikiran Anda terbagi dengan hal lain. Singkirkan berbagai gangguan sehingga Anda dapat bersantai, seperti mematikan semua lampu dan menarik tirai jendela agar cahaya dari luar tidak masuk kedalam kamar.

Matikan juga televisi, ini biasanya menjadi stimulus utama yang dapat menghambat Anda dari tidur. Hindari rangsangan lainnya seperti membaca dan menggunakan komputer. Menjaga hal-hal menjadi tenang adalah kunci utamanya, jadi jangan biarkan hewan peliharaan atau anak-anak berada di tempat tidur Anda. Gerakan mereka dapat mengganggu Anda ketika Anda mencoba untuk tertidur pulas.

2. Trik Mental
Ini memang trik tradisional yang sudah lama. Biasanya diajarkan ketika kita masih kecil, tapi percayalah tidak ada salahnya untuk dicoba. Sebuah teknik tradisional untuk tidur pulas adalah memvisualisasikan domba dan menganggap mereka melintasi dalam imajinasi Anda seraya menghitung mereka.

Anda juga dapat menggunakan permainan penghitungan lain, seperti menghitung mundur dari 300. Luangkan waktu Anda dan bernapas antara angka-angka, dengan fokus pada angka dan napas Anda. Kosongkan pikiran Anda, dan ketika Anda menghitung dan bernapas, bayangkan diri Anda telah tertidur dan beristirahat dengan tenang.

3. Atur ulang Tubuh Anda
Jika Anda tidak bisa tertidur setelah berulang kali mencoba, Anda mungkin perlu untuk keluar dari tempat tidur dan rileks tubuh Anda. Anda bisa mencoba meminum secangkir teh chamomile atau teh dengan akar valerian; keduanya mengandung zat rileks. Hindari minuman berkafein. Lakukan beberapa peregangan ringan sebelum kembali ke tempat tidur. Satu atau dua peregangan otot dengan atur napas, akan membantu melepaskan ketegangan tubuh Anda.

4. Kenyamanan Tempat Tidur
Faktor penting yang sering diabaikan ketika mencoba tidur adalah kenyamanan tempat tidur Anda. Apakah kasur Anda nyaman atau sudah tua? Pemakain matras dalam tidur juga mempengaruhi, karena matras berifat mempertahankan panas tubuh dan menjadi kental dan tidak nyaman.

Atau coba berbaring pada sisi yang berbeda. Posisikan bantal sehingga leher dan kepala bisa senyaman mungkin. Menghindari penggunaan selimut tebal juga dapat membantu Anda tertidur pulas.(sumber: Ehow.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Tips Tidur Pulas Ketika Anda Insomnia"

Posting Komentar