5 Fakta Menarik Benua Eropa yang Jarang Terungkap



Kalau benua Asia dan Amerika dianggap sebagai benua eksotis, maka benua Eropa adalah benua elegan. Benua Eropa juga dikenal karena warisan budayanya di masa lalu.

Asal Usul Nama Benua Eropa
Nama benua Eropa ini ternyata berasal dari tokoh dalam mitologi Yunani, yaitu Europa. Menurut mitos, Europa adalah seorang putri Fenisia yang jelita. Dia adalah putri dari Agenor, raja Tirus. (image: Merdeka.com/Top Tenz Pictures)[/caption]

Masih banyak orang menyebut Eropa sebagai negara, bukan sebagai benua. Dengan membaca artikel ini semoga tidak ada lagi kesalahan penyebutan Eropa sebagai negara.

Ternyata ada fakta unik yang ada di benua Eropa yang tidak banyak diketahui, apa saja? Berikut ulasannya

1. Asal usul nama Eropa
Menurut etimologis, kata Eropa berasal dari Yunani kuno yang berarti 'luas dan lebar'. Ternyata nama benua Eropa berasal dari tokoh dalam mitologi Yunani, yaitu Europa. Menurut mitos, Europa adalah seorang putri Fenisia yang jelita. Dia adalah putri dari Agenor, raja Tirus.

Zeus jatuh cinta dengan Europa, sehingga ia memutuskan untuk muncul di depannya sebagai banteng putih yang perkasa untuk memperdaya dan mendapatkan dirinya. Sang putri pun naik ke punggung banteng dan segera dibawa ke Kreta, di mana Zeus menunjukkan jati dirinya dan kemudian memperistri Europa. Dengan Zeus, Europa memiliki tiga anak, yaitu Sarpedon, Minos, dan Rhadamanthys.

2. Terdapat daerah dengan nama terpanjang
Sebuah desa di Wales, Inggris memiliki nama resmi yang terdiri dari 58 huruf, yaitu Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch yang berarti 'Gereja Saint Mary di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air cepat dan Gereja St Tysilio dari gua merah'. Nama yang sangat panjang, bukan? Walaupun begitu penduduk setempat lebih suka menyebutnya dengan nama Llanfairpwllgwyngyll yang masih cukup sulit untuk dilafalkan.

Masih ada lagi tempat dengan nama super panjang di Eropa, yaitu Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka yang berlokasi di Finlandia, Siemieniakowszczyzna di Polandia, dan Newtownmountkennedy yang ada di Irlandia.

3. Terdapat kota yang menjadi bagian dua benua.
Adalah kota Istanbul, Turki yang mejadi satu-satunya kota yang terletak di dua benua besar sekaligus, yakni benua Asia dan Eropa sekaligus.

Negara Turki mempunyai dua ibukota, yaitu Istanbul yang dijadikan ibukota Turki bagian Eropa dan Ankara sebagai ibukota Turki yang masuk yurisdiksi benua Asia.

Wilayah kota Istanbul terbelah oleh Selat Bosporus. Istanbul dinobatkan menjadi ibukota kebudayaan Eropa pada tahun 2010 oleh Uni Eropa.

4. Di benua Erop terdapat negara paling kecil di dunia.
Di benua Eropa inilah ada negara Vatikan, negara ini hanya mempunyai luas 0,44 kilometer. Negara Vatikan berada ditengah-tengah negara Italia, tapi oleh seluruh negara di dunia, kedaulatan negara mikro Vatikan sudah diakui.

Negara Vatikan menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Katolik dan juga merupakan pusat warisan dunia UNESCO, satu-satunya situs dalam daftar Situs Warisan Dunia yang mencakup seluruh negara.

5. Ternyata patung Liberty di bangun di Prancis
Patung Liberty kebanggan kota New York, Amerika Serikat ternyata tidak dibangun di Amerika, tapi diimpor dari Prancis. Perancangnya adalah Frederic Bartholdi.

Tinggi total Liberty adalah 305 kaki, 6 inci, dan tujuh lampu pada mahkota sang dewi kebebasan yang mewakili tujuh benua.

Selain Frederic Bartholdi yang berjasa membangun patung Liberty ini, ada nama Gustave Eiffel yang berjasa membuat kerangka patung tersebut. Dikemudian hari nama Gustave Eiffel diabadikan untuk Menara Eiffel di Paris.
(sumber: toptenz via merdeka.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Fakta Menarik Benua Eropa yang Jarang Terungkap"

Posting Komentar