5 Fakta Tentang Inti Dalam Planet Bumi



Planet bumi kita terdiri atas tiga lapisan utama; mulai dari lapisan terluar yang disebut kerak bumi, mantel bumi, dan inti bumi. Kerak bumi, termasuk tanah dan lautan, merupakan bagian dari biosfer tempat semua kehidupan yang kita kenal bergantung. Mantel bumi membentuk lapisan berikutnya, dan inti bumi terletak di pusat. Inti sendiri memiliki dua lapisan yang berbeda, disebut sebagai inti luar dan inti dalam. Inti dalam jauh lebih panas dan padat dari bagian bumi lainnya.

Inti Dalam Planet Bumi

1. Kesalahpahaman umum mengatakan bahwa inti bumi berupa cairan; faktanya hanya inti luar yang berbentuk cair. Inti bagian dalam membentuk massa padat karena tekanan luar biasa yang diberikan oleh lapisan lain yang menekan di atasnya.

2. Inti dalam terletak sekitar 3.500 mil di bawah permukaan kerak bumi, atau kira-kira jaraknya sama dengan jarak New York ke Los Angeles. Diameter inti dalam adalah sekitar 1.500 mil.

3. Sebagian besar dari inti bumi terdiri atas besi; ilmuwan berspekulasi bahwa inti dalam juga dapat mengandung beberapa elemen lainnya, seperti karbon, sulfur, kalium dan silikon.

4. Suhu inti dalam mencapai sekitar 10.000 derajat Fahrenheit - lebih panas dari permukaan matahari. Meskipun penyusun utamanya, besi, mendidih pada suhu 5.000 derajat Fahrenheit, tekanan raksasa yang ada di pusat bumi memaksa inti menjadi padat.

5. Gabungan inti dalam dan luar menghasilkan medan magnet yang mengelilingi bumi. Saat bumi berputar pada porosnya, inti juga berputar. Pergerakan inti luar yang cairdi sekitar inti dalam yang sebagian besar padat menciptakan medan magnet yang diakibatkan proses fisik yang disebut efek dinamo.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Fakta Tentang Inti Dalam Planet Bumi"

Posting Komentar