5 Hal Unik Tentang Wortel



Wortel merupakan tanaman penghasil vitamin A, jadi mengkonsumsi wortel akan sangat bagus untuk kesehatan mata Anda.

Manfaat Wortel Memakan wortel terlalu banyak dapat membuat kulit berubah warna menjadi oranye seperti warna wortel itu sendiri. Penyakit ini disebut karotenemia, dan akan hilang sendiri bila mengurangi konsumsi wortel tersebut. (image: wikipedia.org)[/caption]

Dibalik manfaat yang sudah jamak diketahui oleh banyak orang, ternyata ada fakta-fakta unik yang ada pada Wortel, apa saja? Berikut fakta-faktanya dinukil dari healthdiaries.com:

1. Asal Muasal Wortel
Wortel bukan tanaman asli Indonesia, tanaman ini berasal dari Afghanistan. Dalam dunia biologi, wortel termasuk tanaman Umbelliferae, seperti halnya tanaman jinten, ketumbar dan seledri.

2. Kandungan Vitamin A
Dalam wortel terdapat kandungan 87 persen air, sedang warna oranye yang ada pada wortel karena adanya beta caroten. Zat inilah yang akan menjadi vitamin A apabila masuk kedalam tubuh

3. Penyakit Karotenemia
Walaupun wortel banyak mengandung vitamin A, tapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi wortel dalam jumlah banyak. Konsumsi berlebihan akan membuat warna kulit Anda menjadi oranye yang sering disebut dengan Karotenemia. Penyakit ini akan hilang dengans sendirinya dengan mengurangi konsumsi wortel.

4. Wortel Terpanjang Di Dunia
Tercatat wortel terpanjang sedunia adalah 17 meter.

5. Wortel Terberat Di Dunia
Wortel paling berat di dunia adalah 9 kg.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Hal Unik Tentang Wortel"

Posting Komentar