5 Makanan Unik Berbuka Puasa dari Penjuru Dunia



Kehadiran saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan memang waktu yang paling dinantikan bagi umat Muslim. Selain memang untuk santap makanan setelah seharian berpuasa, momen seperti ini juga dijadikan saat yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga.

Berikut ini 5 menu buka puasa paling unik didunia:

1. Fesenjan
Masakan ini berasal dari Iran, menu ini sudah jamak dijadikan hidangan saat berbuka puasa. Masakan yang disebut dengan Fesenjan atau Fesenjoon ini berbahan utama unggas-unggasan seperti burung, ayam atau bebek. Dalam memasak Fesenjan ini campur dengan sirup delima dan kenari.

Menu Fesenjan
Menu fesenjan, menu berbuka puasa unik dari negara Iran (Courtesy Flickr.com/JasonPerlow)

Uniknya, Fesenjan bisa disimpang dalam jangka waktu lama, dan semakin lama semakin enak. Kalau di Indonesia mungkin ini mirip dengan Gudeg Yogya

2. Ful Medames

Makanan Fulmedame
Fulmedame adalah masakan khas Mesir dari jaman Firaun (Courtesy Flickr.com/AlexCurpas)

Ini adalah menu masakan turun temurun dari jama firaun. Kerika makan makanan khas Mesir ini Anda haru bersabar, karena sebelum dimakan ada proses perendaman dan pendidihan lebih dulu yang lumayan makan waktu.

3. Pakora
Meskipun struktur makanan khas India ini sangat sederhana, tapi ketika kita memandangnya hati akan langsung terpikat. Pakora yang kalau di Indonesa cukup mirip dengan jamur crispy ini terbuat dari tepung, rempah-rempah dan potongan sayuran sebagai adonan.

Pakora
Makanan Pakora ini berasal dari India, sering hadir di bulan Ramadhan (Courtesy Flickr.com/Pankajune)

Pakora sering hadir untuk menemani berbuka puasa warga Muslim India

4. Harira
Walaupun variasi makanan ini sangat banyak, akan tetapi bahan utama dari sup khas penduduk Maghribi di Afrika Utara ini tetap daging Domba.

Harira Food
Harira menu makanan berbuka puasa penduduk Maghribi di Afrika Utara
(Courtesy Flickr.com/JoeyArmstrong)

Harira juga bisa digabungkan dengan mie atau sayuran. Makanan khas berbuka puasa daratan Afrika Utara ini sangat baik untuk menjaga stamina

5. Mansaf

Mansaf
Mansaf, makanan khas Yordania (Courtesy Flickr.com/Ahmadindubai)

Kalau yang ini makanan khas dari Yordania, bukan hanya ada di bulan Puasa saja, tapi hadir disetiap perayaan hari besar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Makanan Unik Berbuka Puasa dari Penjuru Dunia"

Posting Komentar