Denda Rp. 2 Miliar karena TV ini Siarkan Pembunuhan



Ketegasan yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Siaran Inggris patut dicontoh oleh KPI kita. Dimana Badan Pengawasan Siaran Inggris telah menjatuhkan denda sebesar £100.000 (Rp 2 miliar) terhadap saluran televisi Investigation Discovery Inggris.

Foto Elizabeth Brownrigg
Elizabeth Brownrigg adalah pembunuh abad ke-18 (image: BBC.co.uk)

Denda itu dilakukan karena saluran tersebut menayangkan film seri dokumenter tentang para perempuan pembunuh sebelum pukul 21.00. Pada jam ini masih banyak anak-anak yang menonton televisi. Dan juga tayangan ini tepat pada masa liburan sekolah.

Menurut Ofcom (KPI-nya Inggris), siaran tersebut berpotensi mengakibatkan penonton anak mengalami stress. Menurut Ofcom, Investigation Discovery menyiarkan delapan episode Deadly Women di pagi dan siang hari pada tanggal 16, 18 dan 20 Agustus 2013.

Pihak Discovery menerima putusan
Sikap gentle juga ditunjukkan oleh pihak Discovery yang menerima putusan tersebut tanpa syarat. Dan mengakui kekhilafan mereka.

"Ini merupakan kekeliruan murni, karena semua serial lain ditayangkan para waktu yang tepat sesuai peruntukkannya," demikian pernyataan Discovery.

Sanggupkah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mencontoh?
Kalau kita lihat penayangan acara tv di Indonesia juga sudah sangat meresahkan. Pengawasan yang dilakukan olej KPI masih sangat minim. Ini bisa dilihat dari berbagai acara yang tidak mendidik anak-anak berada pada jam sore hari.
Semoga KPI juga mempunyai ketegasan seperti apa yang dilakukan Ofcom Inggris.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Denda Rp. 2 Miliar karena TV ini Siarkan Pembunuhan"

Posting Komentar