Eksotiknya Pagoda di Burma



Secara resmi Burma yang sekarang disebut sebagai Republik Uni Myanmar, merupakan negara terbesar kedua di Asia Tenggara, yang dibatasi langsung oleh Republik Rakyat Tiongkok di timur laut, Laos di sebelah timur dan Thailand di tenggara.

Pagoda Shwedagon, Myanmar
Pagoda Shwedagon, Myanmar. Pagoda dengan ribuan berlian dan emas
(image: myanmartravel.org)

Buddha Theravada adalah agama mayoritas (sekitar 90 persen) dari populasi di negara Myanmar. Oleh karena itu, hampir semua bagian negara yang dikelilingi oleh banyak pagoda Burma, biara-biara dan kuil-kuil.

Pagoda adalah sebuah bangunan dengan struktur berbentuk kerucut sebagai tengara yang dibangun untuk memperingati Buddha.

Pagoda Shwedagon di Rangoon adalah salah satu pagoda paling terkenal di Burma. Dari bawah sampai atas stupa pada pagoda ini dihiasi dengan 8.688 emas batangan padat. Tip stupa terlalu tinggi untuk dilihat mata manusia, sehingga kita sulit untuk melihat kalau ternyata dibagian tersebut terdapat 5.448 berlian, 2.317 rubi, safir dan permata lainnya, 1065 lonceng emas, dan satu berlian dibagian atas dengan 76 karat. Kilauan putih dan emas di bawah sinar matahari melambangkan iman yang teguh dari semua orang di Myanmar. Seluruh bangunan, jelas juga memancarkan keagungan, keindahan dan ketenangan.

Selain Shwedagon, pagoda terkenal lainnya adalah Zaydee Agung. Zaydee adalah pagoda paling terkenal di Bago, ibukota kedua kerajaan Myanmar. Bangunan ini dibangun oleh Raja Barin untuk berlindung di tahun 1559. Raja Barin menyumbangkan banyak barang berharga untuk membangun candi ini. Di dalam bangunan ini terdapat patung Buddha yang terbuat dari batu rubi, zamrud, safir, tembaga, karang, batu merah, kaca dan zirkon. Di sini juga dibangun patung emas ayah, ibu, ibu tiri dan anak dari Buddha Gawtama.

Selain dua pagoda, sebenarnya masih banyak pagoda lain yang juga tak kalah terkenal dan indah di negara Myanmar. Seperti Bagan Pagoda, Sule, Botahtaung, Shwesandaw, Shwezigon, Kyaiktiyo, Koethaung, dan banyak bangunan lain yang tersebar di seluruh wilayah.

Berkunjunglah ke Myanmar, dan nikmati pesona dan ekosotinya negara Pagoda ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Eksotiknya Pagoda di Burma"

Posting Komentar