Ilmuwan Jepang Membuat Robot Mirip Manusia



Fakta bahwa Jepang sangat mencintai karya robot sudah tidak diragukan lagi. Negara dengan 127 juta penduduk ini mempekerjakan lebih dari seperempat juta pekerja robot, lebih banyak dari negara lain di dunia.

https://perpustakaanindonesia.files.wordpress.com/2014/07/robot-mirip-manusia.jpg
Professor Hiroshi Ishiguro dari Jepang berhasil membuat robot yang sangat mirip dengan manusia (image: Dogonews.com

Jumlah robot-pekerja ini diperkirakan akan empat kali lipat lebih banyak dalam 15 tahun ke depan. Sejauh ini, sebagian besar robot dibuat untuk keperluan sektor industri, oleh karena itu wajar jika bentuk robot ini tak memiliki kemiripan dengan manusia.

Tapi tentunya di Jepang sudah ada ilmuwan yang sedang mengembangkan robot dengan bentuk manusia nyata, setidaknya mirip manusia. Ilmuwan tersebut adalah Profesor Hiroshi Ishiguro yang telah menghabiskan lebih dari 20 tahun mencoba untuk membuat mesin mirip manusia.

Selama bertahun-tahun, Osaka Universitas Roboticist telah berhasil memproduksi banyak prototipe. Namun, pameran terakhir yang bertajuk 'Android: What is Human' yang dibuka di National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan) pada Selasa 24 Juni 2014, membuat kejutan teknologi, baik nasional maupun internasional.

Kelompok robot yang dipamerkan meliputi dua perempuan cantik dewasa Otonaroid (Otano berarti dewasa dalam bahasa Jepang) dan remaja Kodomoroid (Kodomo berarti anak dalam bahasa Jepang) serta robot bayi yang disebut Telenoid.

Robot Otonaroid dan Robot Kodomoroid
Robot Otonaroid dan Robot Kodomoroid yang sangat mirip dengan manusia (image: Dogonews.com)

Ketiga robot tersebut memiliki karakter dan tujuan tertentu. Otonaroid bertindak sebagai layaknya robot komunikator museum selama pameran. Dia akan berbicara narasi tentang hal yang ada dalam pameran. Seperti pemandu pengunjung selama pameran.

Kodomoroid disebut sebagai robot penyiar pertama di dunia yang terampil membaca berita terbaru yang dikumpulkan dari seluruh dunia melalui jaringan internet. Robot ini juga dapat berbicara beberapa bahasa dalam berbagai nada mulai dari suara khas seorang gadis sampai dengan suara pria yang dalam.

Bagaimana dengan Telenoid, si robot bayi? Telenoid diciptakan menjadi seperti manusia minimalis, seperti bayi yang suka digendong. Bahkan pengunjung dapat memeluk dan melakukan percakapan singkat dengan Telenoid.

Selama konfrensi pers dalam pameran tersebut, dua robot dewasa memperlihatkan perilaku seperti layaknya manusia, seperti menjulurkan lidah, mengedipkan mata, menggerakkan angota tubuhnya layaknya garakan normal manusia.

Tentunya tidak mudah untuk membuat robot semirip manusia ini, dari membuat gips lengkap model manusia sampai ke gigi yang rumit. Menghabiskan ratusan jam untuk membuat cetakan agar mirip manusia, dan hal yang sangat rumit lainnya.

Kerumitan inilah yang membuat para ilmuwan lebih memilih membuat robot untuk sektor industri saja, karena lebih mudah tanpa mementingkap kemiripan dengan manusia.

Ini bukan pertama kalinya Profesor Hiroshi Ishiguro mengejutkan lewat karyanya, sebelumnya dia juga sudah sering membuat kejutan seperti robot replika dirinya yang sering dibawah saat dia ceramah keliling dunia.
(sumber: Dogonews.com)

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ilmuwan Jepang Membuat Robot Mirip Manusia"

Posting Komentar