Istana Potala, Tibet. Situs Warisan Dunia UNESCO



Potala Palace (Istana Potala) terletak di Bukit Merah di pusat kota Lhasa Daerah Otonom Tibet Tiongkok. Istana besar dan megah ini dibangun mengikuti topografi bukit dan dijuluki sebagai "mutiara di atap dunia". Istana Potala adalah karya representatif arsitektur etnis Tibet yang cemerlang. Hal ini juga salah satu bangunan antik paling terkenal di Tiongkok.

Potala Palace, Tibet
Istana Potala (foto: Wikipedia)

Istana Potala adalah tempat kegiatan politik, agama dan tempat tinggal Dalai Lama Tibet dari masa ke masa. Istana tersebut juga merupakan bangunan bertingkat paling besar yang ada di Tibet sekarang ini. Menurut catatan dokumen, Istana Potala mulai dibangun pada masa berkuasa Songtsan Gambo Dinasti Tibet abad ke-7 Masehi, merupakan pusat politik masa itu. Istana Potala pada waktu itu disebut sebagai Istana Bukit Merah. Skalanya sangat besar dengan dilingkari tiga lapis pagar tembok. Di dalam istana itu terdapat seribu balairung. Pada abad ke-9, Dinasti Tibet tercerai berai dan Tibet terjurumus dalam kekacauan perang waktu panjang. Istana Bukit Merah pun berangsur-angsur terbengkalai. Pada tahun 1645, Istana Potala dibangun kembali oleh Dalai Ke-5. Proyek utama pembangunan kembali istana itu memakan waktu kira-kira 50 tahun. Kemudian, pembangunan dilanjutkan dengan memakan waktu 300 tahun.

Menurut dokumen, Istana Potala dibangun pada masa dinasti yang berkuasa dari Tibet Songtsan Gambo pada abad ke-7 Masehi, sebagai pusat politik pada masa itu. Istana Potala pada waktu itu disebut sebagai Istana Lembah Merah (Red Hill Palace). Istana Potala memiliki skala yang sangat besar dengan dilingkari dinding tiga lapis. Di dalam istana ada seribu ruang.

Bangunan istana ini berukuran 400 meter timur-ke-barat dan 350 meter utara-ke-selatan, dengan tembok batu yang landai dengan ketebalan sekitar 3 meter dan 5 meter pada bagian dasarnya yang juga dicampur dengan tembaga untuk mencegah dari gempa bumi.

Bangunan ini memiliki tiga belas tingkat - memiliki lebih dari 1.000 kamar, 10.000 tempat pemujaan dan sekitar 200.000 patung -; membumbung setinggi 117 meter di puncak Marpo Ri, "Lembah Merah" (Red Hill), menjulang lebih dari 300 meter secara menyeluruh dari dasar lembah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Istana Potala, Tibet. Situs Warisan Dunia UNESCO"

Posting Komentar