Obyek Wisata Air Terjun Madakaripura, Probolinggo



Air terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun yang indah di Jawa Timur. Terletak di Lumban, 6 km dari Bromo, Probolinggo. Obyek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan mobil pribadi. Belok kanan di Desa Sukapura, atau jika Anda datang dari arah Surabaya, ikuti tanda-tanda "Air Terjun Madakaripura" di jalan.

Madakaripura Waterfall
Air Terjun Madakaripura (foto: wego.co.id)

Nama air terjun ini diambil dari Gajahmada, Salah satu tokoh paling terkenal di kerajaan Majapahit tempo dulu.

Untuk memasuki wisata air terjun ini, Ada hanya dikenakan tiket sekitar Rp 6.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Akan ada banyak pemandu wisata yang menawarkan layanan panduan, sayangnya terkadang mereka menawarkan jasa pandu dengan memaksa. Tarif pandu wisata berkisar dari Rp 25.000 sampai 35.000. Untuk itu pandai-pandailah menawar jasa ini, atau jika tidak berkenan dengan layanan mereka, Anda bisa menolak mereka dengan halus.

Jalan yang pertama lalui pada awalnya datar dan bersemen, tapi setelah melintasi trek akan sangat berat. Hati-hati melewati trek yang berat ini.

Di tengah perjalanan, Anda akan menemukan banyak warung makan yang menyediakan makanan seperti mie instan, snack goreng, kopi dan teh panas.

Setelah berjalan kurang lebih 5 km, pemandangan air terjun pertama bisa Anda nikmati, disini banyak orang yang menawarkan penyewaan payung. Harganya sekitar Rp 15.000. Beli beberapa plastik untuk melindungi barang-barang Anda dari percikan air terjun.

Cukup ikuti rute, naik dan turun bukit dan menyeberangi beberapa sungai, maka Anda akan menemui air terjun utama. Tapi perjalanan belum selesai, jika Anda ingin mencapai titik utama pada air terjun madakaripura ini Anda harus sedikit 'mendaki' sedikit lagi.

Yang perlu diperhatikan dalam mengunjungi obyek wisata air terjun Madakaipura, untuk tidak mengunjungi lokasi ini selama musim hujan, karena sungai yang akan membanjiri bagian bawah air terjun. Waktu terbaik untuk melihat lokasi ini adalah pada pukul 10:00 sampai 16:00 waktu setempat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Obyek Wisata Air Terjun Madakaripura, Probolinggo"

Posting Komentar