Obyek Wisata Tembok Besar Tiongkok



Salah satu obyek wisata di Tiongkok yang sangat terkenal di dunia adalah Tembok Besar Tiongkok. Bahkan telah menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Tembok besar Tiongkok mempunyai panjang lebih dari 6700 kilometer dan dibuat oleh manusia mulai abad ke-5.

Tembok Besar Cina
Tembok besar Tiongkok mempunyai panjang lebih dari 6700 kilometer

Ada banyak pintu masuk bagi wisatawan untuk melakukan perjalanan ke tembok besar Tiongkok diantaranya melalui kota Badaling, Juyongguan, Simatai dan Jinshaling. Yang paling populer melalui Badaling yang berjarak sekitar 70 km dari ibu kota Beijing.

Pada awalnya tembok Tiongkok berfungsi sebagai benteng pertahanan nasional dari serangan musuh, terutama bangsa Mongol. Tembok ini dibangun atas prakarsa Kaisar Qin Shi-huang dari dinasti Qin. Pembangunannya berlangsung selama berabad-abad dari pemerintahan dinasti diikuti pemerintahan berikutnya. Selama pembangunan tembok ini memakan korban sekitar satu juta orang Tiongkok meninggal setiap tahunnya.

Tembok Tiongkok memiliki tinggi dinding dari 8 meter dan lebar sekitar 5 meter. Dinding itu sendiri terbuat dari campuran fragmen batu bata, tanah dan batu. Di bagian dalam ada pintu dan tangga untuk naik dan turun para prajurit. Pada jarak tertentu ada pos pengintaian.

Dalam tembok besar Tiongkok, ada juga loteng yang terkenal. Loteng ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu yang paling populer adalah loteng Shanhaiguan. Wisatawan yang mengunjungi tembok ini dapat melihat seni arsitektur pada zaman Tiongkok kuno. Dilihat dari atas, tembok Tiongkok ini terlihat seperti naga yang sangat panjang.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke tembok besar harus memperhatikan cuaca lokal disana. Selama musim dingin atau musim panas yang sangat menyengat, Anda sebaiknya tidak berkunjung kesana.
Berjalan di sepanjang tembok besar Tiongkok juga harus berhati-hati karena tidak semua bagian terpelihara dengan baik. Wisatawan juga akan memperoleh sertifikat resmi yang menyatakan bahwa ia telah berhasil dan lulus menempuh berkilo-kilo jarak pada tembok besar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Obyek Wisata Tembok Besar Tiongkok"

Posting Komentar