Penyakit Rabies, Kenali Gejala dan Akibatnya



Rabies adalah penyakit menular yang sangat berbahaya yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh hewan, khususnya sigung, rakun, rubah, kelelawar, sapi, anjing, dan kucing. Rabies juga dikenal sebagai penyakit anjing gila (yang berarti 'takut air') karena penderita rabies mempunyai gejala keengganan terhadap air.

Cara mengobati penyakit rabies

Penyakit Rabies hampir ditemui disemua negara di dunia dan baru-baru ini menjadi sangat umum di Amerika Serikat bagian timur laut.

Virus ini ditularkan ke manusia melalui gigitan atau goresan dari hewan yang terinfeksi. Dari bagian yang cedera, virus menjalar ke otak. Semakin dekat gigitan dengan otak (misalnya pada wajah atau leher) maka semakin cepat virus menyerang otak, dipelukan penanganan yang super cepat jika terjadi disekitar daerah ini.

Waktu antara gigitan dan timbulnya gejala berkisar dari 10 hari sampai lebih dari satu tahun, tapi biasanya terjadi antara 20 sampai 90 hari. Sebelum gejala muncul, gigitan biasanya sembuh tetapi tetap merah dan meradang. Jika tidak segera ditangani, pasien biasanya meninggal dalam waktu 4 hari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyakit Rabies, Kenali Gejala dan Akibatnya"

Posting Komentar