Selain Nikmat, Buah Blewah Juga Banyak Manfaat



Buah Blewah (Cucumis melo L.) biasa ditemukan dalam campuran es buah. Buah ini sangat menyegarkan dan nikmat ketika disajikan dengan es sirup. Di luar negeri buah ini dikelompokkan dalam cantaloupe karne warna buahnya yang orange.

Manfaat buah Blewah
Blewah yang baik jika ditekan terasa cukup padat. Jika terlalu lunak, bisa jadi bagian dalamnya bonyok atau busuk. (image: Wikipedia)

Buah blewah diyakini dapat menurunkan risiko batu ginjal, kolesterol, meningkatkan daya tahan tubuh. Dan bagi perempuan hamil, Blewah ini sangat baik untuk kesehatan janin. Didalam buah Blewah terdapat vitamin A, vitamin C, kalium, folat, dan serat.

Blewah merupakan tumbuhan penghasil buah sejenis melon. Bentuknya bundar, kadang agak pipih, dan seperti terbagi dalam segmen-segmen. Kulitnya berwarna kuning dengan bercak hijau dan bertekstur mulus, tak 'berjaring-jaring' seperti kulit melon. Bagian dalamnya berongga dan berbiji.

Ada manfaat yang lain dari Blewah ini, yakni dalam kecantikan. Buah blewah dapat digunakan sebagai alternatif pembersih muka sekaligus menjadi pelembab alami yang menyegarkan. Blewah juga banyak digunakan sebagai bahan utama kosmetik karena didalamnya terkandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas

Ciri-ciri Buah Blewah yang Bagus
Silahkan pilih buah Blewah yang berwarna kuning tua dan berbau harum, ini berarti tandanya buah Blewah telah masak.
Dan Blewah yang baik jika ditekan terasa cukup padat. Jika terlalu lunak, bisa jadi bagian dalamnya bonyok atau busuk. JUga sebaiknya langsung habiskan buah Blewah jika sudah dipotong, jangan mendiamkan Blewah yang sudah dipotong terlalu lama.

Penyajian Blewah Agar Nikmat dan Sehat
Buah Blewah sangat nikmat jika digabungkan dalam es buah. Serut isi dari buah blewah secara memanjang, sajikan dengan buah lainnya seperti stroberi, buah naga putih, melon, dan lain-lain. Dan jangan gunakan buah kalengan yang tinggi gula. Untuk airnya, pergunakan air kelapa. Beri susu jika perlu, terakhir tambahin sedikit es. Buah Blewahpun siap untuk disantap.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selain Nikmat, Buah Blewah Juga Banyak Manfaat"

Posting Komentar