Tour ke Lapangan Tiananmen, Tiongkok



Lapangan Tiananmen adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Tiongkok. Hal ini terletak di kota Beijing dekat Istana kuno Dinasti Ming dan Qing.

Lapangan Tiananmen, Tiongkok
Obyek wisata Lapangan Tiananmen, Tiongkok
(image: wikipedia.org)

Nama Tiananmen diambil dari nama istana kuno pintu selatan, Tianan Menwai. Luasnya lapangan ini sekitar 440 ribu meter persegi dengan kapasitas satu juta orang yang membuatnya menjadi terbesar di dunia. "Alun-alun" ini dibangun pada tahun 1652 dan terus dijaga dan dilestarikan dengan baik oleh pemerintah setempat.

Peristiwa paling berkesan pernah terjadi di wilayah ini (1989), yakni demonstrasi Tiananmen. Demontrasi Tiananmen adalah unjuk rasa pro-demokrasi yang diusung mayoritas mahasiswa terhadap pemerintah otoriter. Demonstrasi ini menjadi tragedi terbesar yang menyebabkan ribuan orang tewas setelah tentara Tiongkok bersenjata mencoba untuk membubarkan demonstrasi ini.

Di pintu masuk Lapangan Tiananmen, akan terlihat dua tentara berjaga-jaga seperti patung. Mereka bertugas untuk menjaga area keamanan yang menjadi simbol Republik rakyat Tiongkok ini. Di atas pintu masuk, ada dinding merah dengan gambar besar dari salah satu pemimpin terkenal Tiongkok Mao Zedong.

Lapangan Tiananmen akan sangat sibuk dan ramai selama Festival Musim Panas atau Tahun Baru Imlek. Namun selama periode ini, biasanya bertepatan dengan musim dingin yang bisa mencapai suhu minus 7 derajat Celcius.

Berniat berkunjung ke negeri hewan Panda ini? Selamat berlibur.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tour ke Lapangan Tiananmen, Tiongkok"

Posting Komentar