Wanita Ini Buta karena Tidak Melepas Soft Lens selama 6 Bulan



Sepertinya Anda harus lebih berhati-hati lagi menggunakan soft lens. Penggunaan yang sembarang bisa mengakibatkan mata menjadi iritasi dan bahkan menjadi buta! Kok bisa?

Bahaya menggunakan lensa kontak
Pelajar bernama Lian Kao itu sangat ceroboh saat menggunakan lensa kontaknya. Malapetaka terjadi karena wanita 23 tahun itu tidak pernah melepas soft lens dari matanya selama enam bulan. (image: Thinkstock via Wolipop.com)

Kasus yang terjadi pada Lian Kao, remaja Taiwan berusia 23 tahun ini bisa dijadikan contoh kesembronohan dalam memakai lensa kontak, dia tidak melepas soft lens-nya selama 6 bulan. Akibatnya memicu bakteri tumbuh di sekitar matanya, hingga organisme mikroskopis memakan bola mata Lian. Mikroskopis merupakan mikroorganisme semacam amuba yang membahayakan.

Menurut dokter di Taiwan, area mata Lian kekurangan oksigen karena ia tidak pernah melepas lensa kontaknya. Kondisi tersebut sangat disukai oleh amuba sehingga menjadi tempat yang paling sempurna untuk bakteri-bakteri tersebut berkembang biak.

Lian sangat ceroboh, dalam setaip aktifitasnya dia tidak pernah melepaskan lensa kontaknya termasuk berenang. Hal ini akan mengakibatkan kotoran bisa mengendap di sana dan terjadilah infeksi yang berubah menjadi malapetaka.

Oleh karena itu, Rajin-rajinlah merawat lensa kontak dan mata Anda agar kebersihan mata terjamin. Lepas lensa kontak setelah delapan jam pemakaian. Sebelum memasang dan melepas soft lens, cuci tangan hingga bersih agar bakteri tidak masuk ke mata. Setelahnya cuci lensa kontak dengan cairan pembersih khusus.

Jangan kawatir, kalau kita mengetahui cara penggunaanya, kontak lensa tetap bisa Anda gunakan. Bagaimanapun lensa kontak ada manfaatnya. (sumber: Wolipop.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wanita Ini Buta karena Tidak Melepas Soft Lens selama 6 Bulan"

Posting Komentar