10 Cerita Monster Air Penjuru Dunia yang Menakutkan



Apakah mereka nyata atau legenda, cerita tentang monster air selalu saja ada. Selama berabad-abad, orang-orang dari seluruh dunia telah menghormati laut dan sungai sebagai sumber utama makanan dan air. Namun dalam tradisi, mereka juga sering menyebutkan air sebagai tempat di mana monster mengerikan mengintai korban berikutnya.

Legenda Monster Air
Legenda Monster Air
(Photo: Wikipedia)

Berikut ini 10 mitos monster air yang sering mengganggu manusia:

1. Yacuruna
Dalam legenda Amazon, Yacuruna makhluk menyerupai manusia yang tinggal di air. Mereka digambarkan sebagai makhluk berbulu dengan kaki cacat dan kepala menghadapak ke belakang. Sesekali, Yacuruna didampingi oleh makhluk-makhluk lain seperti ular atau buaya. Mereka tinggal di kota-kota bawah laut yang indah di mana mereka membangun istana kristal mewah.

Yacuruna terkenal karena sering menculik manusia, terutama wanita, untuk dijadikan pengantin. Orang-orang yang diculik akan secara bertahap berubah menjadi Yacuruna, dimulai dengan mata mereka, kepala, disusul sisa tubuh mereka.

Tapi Yacuruna juga diyakini menjadi tuan penyembuhan. Oleh karena itu, mereka kadang-kadang dipanggil oleh dukun untuk membantu dalam pekerjaan mereka.

2. Abaia
Abaia dijelaskan dalam mitologi Melanesia sebagai raksasa mirip belut besar yang hidup di dasar danau air tawar di Fiji, Solomon dan Kepulauan Vanuatu. Konon kabarnya Abaia menganggap semua makhluk di danau sebagai anak-anaknya. Oleh karena itu, membunuh siapa saja yang mencoba untuk menyakiti atau mengganggu mereka.

Ada satu cerita dimana seorang pria menemukan sebuah danau yang berlimpah dengan ikan. Namun, orang itu tidak menyadari bahwa danau tersebut dihuni oleh makhluk Abaia. Dia menangkap begitu banyak ikan, ia pun kembali keesokan harinya dengan membawa orang-orang dari desanya setelah ia menceritakan penemuannya. Orang-orang pun berebutan memancing ikan.

Makhluk Abaia menjadi marah pada apa yang terjadi pada ikan nya. Dia membalas dengan menurunkan hujan besar pada malam hari. Hujan menyebabkan air danau meluap, membanjiri desa dan menenggelamkan semua orang kecuali seorang wanita tua yang belum makan ikan.

3. Melusine
Menurut cerita rakyat Eropa, Melusine adalah makhluk sepert putri duyung dengan tubuh bagian atas seorang wanita dan bagian bawah dari ikan atau ular. Tidak seperti putri duyung biasa, tubuh bagian bawah Melusine terdiri dari dua ekor. Dia kisahkan Melusine sering dijumapi di mata air tawar seperti sungai.

Dalam cerita rakyat, Melusine merupakan peri-air yang jatuh cinta dengan Pangeran Raymond, putra Pangeran Poitou. Raymond dikatakan telah menemukan Melusine di hutan selama perjalanan berburu. Pasangan ini jatuh cinta pada hari yang sama dan Raymond meminta Melusine untuk menikah dengannya. Dia setuju dengan syarat bahwa ia boleh masuk ke kamarnya pada hari Sabtu.

Raymond setuju dan mereka tinggal bersama di istananya di mana Melusine melahirkan beberapa anak. Masing-masing dari anak-anak mereka lahir dengan kelainan. Meskipun demikian, setiap anak tumbuh menjadi seorang pejuang besar atau pahlawan.

Setelah beberapa tahun, Raymond menjadi curiga apa yang dilakukan Melusine dikamarnya pada hari Sabtu, ia pun memutuskan untuk mengintip kamarnya. Raymond kemudian melihat Melusine di kamar mandi dalam bentuk setengah ular. Saat Melusine mengetahui diintip, dia melompat keluar jendela dan menghilang dalam kegelapan malam. Sejak itu, Melusine diceritakan sering muncul melayang di atas istana sebagai pertanda kematian salah satu dari keturunannya.

4. Afanc
Afanc adalah monster dalam mitologi Welsh. Afank diceritakan sebagai makhluk yang mirip buaya, berang-berang raksasa atau katai. Afanc dikatakan suka memangsa siapa saja yang jatuh atau berani memasuki perairan tersebut.

Salah satu legenda mengatakan bahwa cambukan-cambukan afanc yang menyebabkan banjir besar dan menenggelamkan semua orang di Inggris. Cerita Lain yang lebih populer menceritakan tentang seorang gadis yang dijinakkan afanc dengan membiarkannya tidur di pangkuannya. Dia kemudian dipanggil warga desa nya untuk menangkap makhluk itu dan terikat dalam rantai, sementara itu tetap di pangkuannya. Ketika afanc terbangun, gadis itu hancur dengan cambukan-cambukan liar saat berjuang untuk membebaskan diri.

Kisah lain menyebutkan bahwa Raja Arthur atau Peredur telah dibunuh afanc, yang mengakhiri teror rakyat Inggris.

5. Finfolk
Dalam cerita rakyat Orkney, Finfolk adalah penyihir jahat yang terkenal karena kemampuan berubah bentuk bersama dengan berbagai kemampuan dan keterampilan lainnya. Mereka menghuni sebuah kota mewah yang dinamai Finfolkaheem yang terletak dasar laut. Selama berabad-abad, Finfolk memiliki reputasi sering menculik manusia. Mereka mengangkut tawanan untuk dijadikan istri atau suami. Manusia malang yang dibawah Finfolk akan tetap disana selama sisa hidup mereka.

Finfolk tidak lagi terlihat di Kepulauan Orkney. Masyarakat setempat percaya bahwa hilangnya mereka disebabkan kedatangan agama Kristen ke berbagai belahan dunia.

6. Umibozu
Kondidi laut yang tenang dan cuaca yang bersahabat tentu diharapkan olah benyak pelaut. Namun cerita rakyat Jepang berbeda, kondisi sangat tenang seperti ini bisa menjadi pertanda akan adanya Umibozu. Makhluk yang ditakuti banyak pelaut Jepang karena sering menenggelamkan kapal, membalikkan dan menghancurkan kapal.

Umibozu digambarkan sebagai raksasa mirip manusia dengan kulit hitam dan kepala besar dengan sepasang mata besar.

7. Each-uisge
Each-uisge adalah roh setan yang tinggal di air yang menghuni danau dan laut di sekitar dataran tinggi Skotlandia. Roh ini mampu berubah bentuk menjadi kuda, atau seorang pria tampan.

Ketika dalam bentuk kuda, Each-uisge akan mendorong manusia untuk menaikinya. Pengendara akan baik-baik saja selama dia tinggal jauh dari danau atau laut. Tapi begitu makhluk ini merasakan air danau atau laut di dekatnya, itu akan mengikatkan dirinya dengan pengendara dan berenang ke bagian terdalam dari danau atau laut. Setelah pengendara tenggelam, Each-uisge akan mencabik-cabiknya dan memakan seluruh tubuhnya, kecuali hati yang dibiarkan mengapung ke permukaan.

Bila dalam bentuk manusia, Each-uisge digambarkan sebagai raksasa rumput laut.

8. Amabie
Amabie muncul dalam legenda Jepang selama Edo Era, yakni ketika penduduk Jepang didominasi oleh para petani. Penampakan Amabie ini berhubungan dengan akan datangnya panen melipah atau malah akan terjadi wabah penyakit.

9. Uskup Laut
Menurut salah satu legenda, uskup laut, juga disebut uskup-ikan, adalah rakasa laut yang tertangkap di lepas pantai Polandia pada tahun 1531. Makhluk itu meninggal beberapa hari kemudian setelah menolak untuk makan. Dalam legenda lain, makhluk yang sama ditangkap hidup-hidup di jaring ikan di abad ke-13. Ketika dibawa ke raja Polandia, Uskup Laut memohon untuk dibebaskan. Setelah dibebaskan, ia membuat tanda salib (yang mungkin menginspirasi namanya) sebelum menyelam kembali ke laut.

Diperkirakan bahwa legenda Uskup Laut mungkin terinspirasi dari makhluk laut yang nyata dikenal sebagai Giant Squid. Cumi-cumi raksasa ini pertama kali ditemukan oleh seorang awak kapal di dekat Kepulauan Canary pada bulan November 1861. Makhluk laut ini mempunyai ekor panjang dan mempunya banyak senjata, atau "tentakel." Mahkhluk ini memiliki kepala berbentuk elips besar yang sangat mencolok dengan topi uskup.

10. Vodyanoy
Vodyanoy adalah roh air yang hidup di sungai atau kolam. Menurut tradisi Slavia timur, Vodyanoy digambarkan sebagai makhluk laki-laki dengan tubuh berlemak dan lembek, wajah lebar ditutupi dengan rambut kehijauan dan jenggot hijau panjang yang membentang sampai ke kakinya.

Untuk waktu yang lama, Vodyanoy menjadi penyebab tenggelamnya penduduk desa dan penyebab banjir. Dia juga penyebab hilangnya gadis-gadis muda di pantai dan sungai. Setelah korbannya tertangkap, Vodyanoy membawa mereka ke sebuah kerajaan yang sesuai jenisnya, dan memaksa mereka untuk menikah dan melayaninya.

Cerita orang Slavia menyatakan bahwa Vodyanoy berasal dari roh manusia yang belum dibaptis atau orang yang melakukan bunuh diri. Oleh karena itu, Vodyanoy dikenal takut dengan air suci. Untuk menyingkirkan makhluk ini, orang memberkati sungai atau tempat di mana ia muncul, memaksa dia untuk pergi.

Disisi lain, nelayan sangat menghormatinya dan menawarkan tembakau sebagai hadiah untuk pertukaran ikan. Agar dalam melaut, para nelayan bisa membawah ikan yang banyak dengan selamat.
(Source: dari berbagai sumber)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Cerita Monster Air Penjuru Dunia yang Menakutkan"

Posting Komentar