3 Tragedi Kematian Massal dalam Kerumunan Manusia



Kematian massal bisa terjadi kapan saja, dan dimana saja. Ada kematian massal yang diakibatkan oleh alam, ada juga karena manusia itu sendiri.

Berikut ini 3 kematian massal yang diakibatkan desak-desakan manusia.

1. Tragedi Sepakbola Stadion Lima, Peru

Tragedi Sepakbola Stadion Lima, Peru
Tragedi Sepakbola, Peru

Tragedi ini terjadi di stadion sepak bola Nasional Lima, Peru. Diamana tuan rumah Peru melawan Argentina. Tragedi mematikan terjadi ketika gol dari tuan rumah di dua menit akhir di anulir oleh wasit.
Keputusan wasit ini menimbulkan kekacauan yang luar bisa. Perkelahian tidak dapat dihindari. Banyak orang yang tidak bisa keluar stadion karena terhalang oleh mayat-mayat yang bergelimpangan di pintu keluar. Tragedi di tahun 1964 ini memakan korban 300 orang dan 500 orang luka-luka. (sumber: History)

2. Tragedi Ibadah Haji 1990
Jutaan orang berkumpul dalam satu tempat di Mekkah tentu saja sangat rawan untu berdesak-desakkan yang bisa mengakibatkan kematian massal. Tragedi yang paling terkenal dalam ibadah haji adalah pada tahun 1990, dimana 1.426 orang meninggal akibat tragedi desak-desakan. Juga pada tahun 2004 dimana umat muslim yang mati terinjak mencapai 244 jamaah. (sumber: NYTimes)

3. Tragedi Jembatan Suspensi Phnom Penh, Kamboja.

Tragedi Jembatan Suspensi Phnom Penh, Kamboja
Tragedi Jembatan, Kamboja
(Photo: NYTimes)

Terjadi kematian pada tahun 2010 di sebuah jembatan Phnom Penh, Kamboja yang merenggut nyawa lebih dari 450 orang. Tragedi ini disebut tragedi terburuk di negara itu sejak pemerintahan Khmer Merah. Peristiwa terjadi di mana kerumunan besar orang menyeberang untuk pergi ke sebuah pulau di mana festival air tahunan yang besar sedang berlangsung. Jembatan suspensi pun melebihi kapasitas, dan orang-orang tidak menyadari bahwa jembatan gantung sangat rawan bergoyang karena angin di bawah tekanan. Goyangan ini diyakini yang menjadi pemicu kepanikan yang menyebabkan kematian massal. Orang-orang terjebak dan diinjak-injak oleh orang-orang yang mencoba menyelamatkan diri. Yang Lainnya tenggelam karena nekat melompat atau didorong keluar dari jembatan, dan beberapa orang bahkan terkena kabel listrik. (sumber: NYTimes)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Tragedi Kematian Massal dalam Kerumunan Manusia"

Posting Komentar