5 Fakta Kenapa Setiap Berfoto Orang Spontan Membuat Tanda V (peace)



Hal kecil yang kalau dipikir bakal membuat kita manggut-manggut adalah kenapa orang Asia ketika berfoto selalu membuat tanda V (peace) dengan spontan.

Asal-usul Lambang V ketika Berfoto
Ketika berfoto orang Asia akan melakukan gerakan huruf V dengan dua jari
(Photo: Thinkstockphoto)

Coba saja tanyakan kenapa dia melakukan itu? Ternyata banyak yang tidak tahu, gerakan itu spontan saja. Tapi mereka juga mengaku senang melakukannya.

Terus kenapa ada fenomena seperti ini? Dan kenapa kita secara tidak sadar akan melakukan gerakan membuat gesture bentuk V? Darimana asal usul lambang V ini?

1. Dipopulerkan oleh Janet Lynn tahun 1972
Teori pertama gesture V dengan jari di populerkan oleh Janet Lynn. Lalu siapa Janet Lynn itu?
Janet Lynn adalah pemain skat yang pada Olimpiade 1972 Jepang di favoritkan menjadi juara, tapi ternyata dia gagal menjadi juara. Daripada meratapi kegagalan dia lantas membuat gerakan jari membentuk huruf V.

Tahun-tahun sesudah Olimpiade tersebut, Lynn kerap berkunjung ke Jepang. Dia menjadi idola di Jepang dan setiap kunjungannya dia selalu membuat gerakan mirip huruf V dengan jarinya. Bermula dari sinilah fenomena gesture V dimulai.

2. Tanda V dikenal melalui manga pada tahun 1968.
Teori lain menyebutkan kalau tanda V dikenal sebelum fenomena Lynn, yakni sejak tahun 1968 lewat komik manga Jepang.
Dalam komik bisbol Kyojin no Hoshi (Star of the Giants) ada tokoh protagonis yang setiap akan melakukan pertandingan besar mendapat dukungan dari ayahnya dengan membentuk huruf V dengan jari.

3. Dipopulerkan oleh Jun Inoue lewat media iklan.
Media iklan merupakan penyumbang terbesar wabah tanda V ini. Adalah Jun Inoue, penyanyi dari band terkenal Spiders yang banyak melakukan penyebaran tanda V ini melalu iklan yang banyak dibintanginya. Sebagai bintang yang terkenal, Inoue tentunya membintangi seabrek iklan. Terutama pada iklan kamera Konica, dimana dia selalu tersenyum dan membuat tanda V dengan kedua jemarinya setiap dia berfoto dalam iklan Konica.

4. Dipopulerkan oleh gadis Jepang era 1970
Lain lagi yang dikatakan oleh Laura Miller, seorang pakar studi Jepang dan antropologi di University of Missouri, St Louis. Dia mengatakan kalau fenomena tanda V ini dipopulerkan olah gadis Jepang pada tahun 1970-an ketika setiap gadis Jepang berfoto selalu mengatakan piisu, atau peace, sewaktu membuat gestur tersebut.

5. Disebarkan oleh budaya pop Jepang
Pada tahun 1980-an ketika budaya pop Jepang menjadi trend dan menyebar ke Asia Timur, lewat para penyanyi pop Jepang inilah wabah V menyebar ke Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, dan Korea Selatan.

Dari kelima teori fakta asal usul kenapa orang Asia spontan melakukan gerakan V dengan kedua jari, yang jelas fenomena ini sudah sangat meluas. Mereka sekarang melakukannya tidak sadar, scara spontan ketika berfoto. Dan banyak yang mengatakan kalau mereka tidak tahu kenapa melakukannya. Sangat fenomena bukan?
(sumber: Gloria Samantha, TIME World-Asia via National Geographic Indonesia)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Fakta Kenapa Setiap Berfoto Orang Spontan Membuat Tanda V (peace)"

Posting Komentar