5 Fakta Tentang Batu Bacan



Batu Bacan sedang mendunia! Tidak hanya di Indonesia saja, batu bacan juga sudah melesat sampai keluar negeri. Yuk kenali lebih dekat dengan fakta batu asli Indonesia ini.

Batu Bacan
Batu Bacan masih 'mentah'
(Image: Indonesia.travel)

Berikut ini fakta penting batu Bacan:

1. Asal-usul batu Bacan
Tahukah Anda ternyata asal batu Bacan bukan dari pulau Bacan? Tapi batu Bacan berasal dari pulau Kasiruta yang masih berdekatan dengan pulau Bacan, Maluku Utara.

2. Asal penamaan batu Bacan
Dinamakan Bacan karena batu ini pertama kali diperdagangkan di Pulau Bacan, padahal batunya sendiri berasal dari pulau Kasiruta

3. Merupakan batu hidup
Batu Bacan dikatakan sebagai Batu Hidup, karena batu ini mempunyai kemampuan berproses menjadi lebih indah secara alami ataupun cukup dengan mengenakannya setiap hari. Batu bacan dengan inklusi atau serat batu yang banyak secara perlahan akan berubah menjadi lebih bersih (bening) dan mengkristal dalam waktu bertahun-tahun. Tips agar batu cepet berubah warna adalah dengan memakainya sesering mungkin.

4. Warna batu Bacan kebanyakan hijau
Batu bacan banyak berwarna hijau dan variannya, meskipun ada juga batu bacan dengan warna lain.

5. Jenis batu Bacan
Ada dua jenis batu Bacan, yakni Bacan Doko dan Bacan Palamea, penamaan ini berdasarkan nama desa penghasil batu tersebut (masih di pulau Kasiruta)
Jenis Bacan Doko berwarna hijau tua. Sedang jenis batu Bacan Palamea berwarna hijau muda kebiruan

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "5 Fakta Tentang Batu Bacan"

Posting Komentar