5 Pilot Hebat yang Berhasil Menyelamatkan Penumpang dalam InsidenPenerbangan



Berikut ini adalah pilot-pilot pesawat terbang yang berhasil menyelamatkan nyawa penumpang dalam insiden penerbangan dengan mengambil keputusan yang tepat, mendarat darurat dengan selamat.

Artikel ini sebagai apresiasi, rasa terima kasih kami atas aksi heroik para pilot dalam menyelamatkan penumpang pesawat terbang. Jasa mereka akan selalu dikenang dalam dunia penerbangan.

1. Kapten Robert Schornstheimer
Pada tanggal 28 April 1988 penerbangan Aloha Airlines 243 (AQ 243, AAH 243) mengalami insiden menyeramkan, dimana atap dan dinding kabin mereka terbelah dan membuka, seisi pesawatpun terkena tekanan udara yang hebat, para penumpang hanya dilindungi oleh sabuk pengaman saja dan terkena tekanan angin 500 kilometer per jam. Pesawat yang berada di ketinggian 7.300 meter dengan keadaan darurat seperti itu membuat komunikasi terputus, penumpang kekurangan oksigen.

Pilot Robert Schornstheimer
Pilot Robert Schornstheimer
(photo: toptenz)

Sang pilot, Kapten Robert Schornstheimer mengarahkan pesawat ke bandara terdekat, dan melakukan pendaratan darurat dengan selamat. Ini sangat menakjubkan, karena tidak ada skenario atau bantuan darimanapun,
sang kapten Schornstheimer melakukan improvisasi semuanya sendiri. Enam puluh lima penumpang terluka tetapi hanya satu anggota awak yang tewas.

Jumlah nyawa yang diselamatkan sang pilot berjumlah: 89 penumpang, 6 awak. Sedang 1 awak pesawat tewas.

2. Kapten. Chesley B. ‘Sully’ Sullenberger
Kapten Sullenberger membawa penerbangan Airbus A320 atau "Flight 1549" dari New York LaGuardia ke Bandar Udara Internasional Charlotte Douglas di Charlotte. Pada awalnya semua baik-baik saja sampai akhirnya terjadi insiden dimana pesawat menabrak sekawanan burung yang mengakibatkan mesin terbakar. Keputusan sulit harus diambil oleh sang pilot dalam keadaan pesawat sedang terbakar. Pilot kemudian dengan berani mengarahkan pesawat mendarat darurat di perairan, tepatnya di sungai Hudson dan tentu dengan risiko besar.

Pilot Capt. Chesley B. ‘Sully’ Sullenberger
Penerbangan Airbus A320 (Flight 1549)
(photo: toptenz)

Kapten Chesley B. Sullenberger dibantu dengan co-pilot mengatur pendaratan darurat di air. Dan, amazing! Pendaratan aneh tersebut selamat! Dan sang pilot merupakan orang terakhir yang meninggalkan pesawat, dia memastikan lebih dulu bahwa semua penumpang berhasil selamat. Karena aksi sang pilot ini, sebanyak 155 penumpang dan awak selamat.

3. Kapten. Alfred C. Haynes
United Airlines Flight 232 melakukan penerbangan terakhir pada 19 Juli 1989, pesawat dalam penerbangan dari Bandara Internasional Denver Stapleton ke Bandara Internasional O'Hare di Chicago. Namun, Pesawat model DC-10 (N1819U) ini terpaksa mendarat di Sioux City, Iowa, setelah mengelami kegagalan mesin belakang yang menyebabkan hilangnya semua kontrol penerbangan, pada akhirnya penerbangan ini menyisakan tangis karena 111 dari 296 penumpang tewas, tetapi penerbangan ini masih dianggap sebagai prestasi heroik oleh para sejarawan dan praktisi penerbang yang kagum pada fakta bahwa orang bisa selamat padahal pesawat tidak memiliki kontrol konvensional yang bekerja.

4. Kapten Tadeusz Wrona
Pada tanggal 1 November 2011 Kapten Tadeusz Wrona harus melakukan pendaratan darurat untuk pesawat LOT Polish Airlines Flight 16 di Chopin Airport di Warsawa. Kecelakaan itu dikarenakan kebocoran sistem hidrolik yang terjadi setelah pesawat take off. Kebocoran diperburuk dengan cairan hidrolik untuk gigi pendaratan hilang.

Capt. Alfred C. Haynes
Capt. Alfred C. Haynes
(photo: toptenz)

Dengan segala cara akhirnya sang pilot dapat mendaratkan kembali pesawat ke bandara, dan sebanyak 231 penumpang beserta awak pesawat selamat.

5. Kapten Karl van der Elst
Penerbangan KLM 867 dari Bandara Internasional Narita, Tokyo, mengalami beberapa komplikasi ketika menuju ke Bandara Internasional Anchorage di Alaska pada bulan Desember 1989. Pesawat mengalami gagal mesin saat dalam penerbangan, meskipun 747-400 merupakan pesawat yang cukup baru. Diyakini mesin pesawat mengalami kerusakan ketika terbang melalui abu vulkanik. Pilot telah mencoba semua sumber daya cadangan agar mesin pesawat bisa hidup kembali. Pesawatpun sudah meluncur deras kebawah hampir 14.000 kaki.
Akhirnya pesawat bisa mendarat dan sebanyak 231 penumpang dan 14 awak bisa selamat.
(sumber: Toptenz, Wikipedia)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Pilot Hebat yang Berhasil Menyelamatkan Penumpang dalam InsidenPenerbangan"

Posting Komentar