5 Tips Menghadapi Tes CAT CPNS 2014



Tes Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini menggunakan komputer atau Computer Assisted Test (CAT), tidak ada media kertas lagi disini. Nantinya Anda hanya akan menghadapai layar monitor yang berisi semua pertanyaan tes CPNS

Cara Mengerjakan Tes CAT CPNS 2014
Computer Assisted Test (CAT) pada penerimaan CPNS 2014
(Photo copyright Okezone)

Dilayar komputer, nanti Anda akan menemukan tombol Jawab, Next (mengisi jawaban seterusnya) dan Skip (lewati soal). Anda tinggal menggunakan mouser komputer untuk mengeksekusinya.

Yang perlu diperhatikan dalam sistem CAT ini adalah manajemen waktu, jangan sampai Anda kehabisan waktu. Dari sekarang jika Anda kurang familiar dengan tombol-tombol di keyboard komputer, mintalah pada teman atau saudara untuk kursus kilat komputer. Tidak usah mendetail, karena yang perlu Anda ketahui hanyalah mengetahui dimana letak-letak huruf dan beberapa tombol penting di keyboard, seperti dimana huruf A, B, C dan seterusnya.

Oke, tentang manajemen waktu, berikut ini tips waktu efesien untuk menghadapi CAT:

1. Perkirakan alokasi waktu.
Contohnya saja jika jumlah soal 100 dan waktu 100 menit, tentunya Anda harus menyelesaikan tiap soal satu menit.

2. Tabunglah waktu dengan lewati soal sulit (numerik).
Kerjakan soal yang butuh hitung-hitungan belakangan. Kerjakan lebih dulu soal yang paling mudah, misalnya Anda mengerjakan soal yang mudah 30-40 detik, maka Anda bisa menabung 20-30 detik yang nantinya bisa Anda gunakan untuk mengerjakan soal numerik.

3. Tabunglah waktu pada soal yang sama sekali tidak tahu.
Anda jangan menganalisa atau menghitung soal yang sama sekali tidak tahu. Itu hanya akan membuang-buang waktu saja. Pada soal yang sama sekali Anda buta, kerjakan 5-10 detik saja. Dengan begitu Anda bisa menabung 50-55 detik yang bisa digunakan untuk mengerjakan soal numerik

4. Jangan penasaran pada soal tertentu.
Jika Anda mengerjakan suatu pertanyaan numerik dan ternyata jawabannya tidak ada dilayar, lebih baik Anda beralih dulu ke soal berikutnya. Rasa penasaran hanya akan membahayakan saja karena bisa menguras stamina dan otak.

5. Berdoa
Ini sangat penting, sebelum berangkat minta doa orang tua, bagi yang beragama Islam bisa sholat hajat dulu.
Semoga berhasil.
(artikel oleh Taufiqurrohman, M.Si, diambil dari Forum Detik member zackysetya)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Tips Menghadapi Tes CAT CPNS 2014"

Posting Komentar