5 Tips untuk Hiking dengan anak-anak: Berikan Pengalaman Petualangan DiAlam Bebas



Hiking (Mendaki) dengan anak-anak adalah kesempatan yang bagus untuk hubungan keluarga, eksplorasi dan bersenang-senang. Secara alami anak-anak mempunyai rasa penasaran yang besar, rasa ingin tahu dan keinginan untuk bersenang-senang yang sangat besar.

Mendaki gunung untuk Anak-anak
Seperti halnya Anda, anak-anak juga menyukai Hiking
(Photo: Nici Holt Cline via Ehow.com)

Ajaklah anak-anak Anda untuk hiking, tentunya hiking yang sederhana saja. Untuk perlengkapan tentunya akan berbeda dengan orang dewasa mendaki gunung. Anda harus mempersiapkan rekreasi ini secara detil agar nantinya perjalanan ini tidak membosankan.

Berikut ini tips dan trik mendaki dengan anak-anak seperti yang dilansir oleh Ehow:

1. Siapkan ransel hiking untuk anak
Masukan semua barang kedalam ransel (tas) yang mudah dibuka. Masukan perlengkapan kedalam ransel seperti: tabir surya (sunscreen), botol air minum, makanan ringan yang tahan lama, kemeja lengan panjang. Jangan lupa untuk membawa popok untuk anak Anda.

2. Fokus pada kesenangan, Bukan pada tujuan
Buatlah perjalanan menjadi menyenangkan, eskplorasi sekitar perjalanan. Hindari fokus pada tujuan, tidak harus buru-buru sampai tujuan. Ingat ini untuk anak-anak yang hanya butuh kesenangan.

3. Memainkan Imajinasi Anak
Buatlah permainan seakan-akan perjalanan ini adalah misi berburu harta karun, buatlah cerita tentang peri yang juga melakukan perjalanan. Berikan pada anak-anak sebuah misi untuk menemukan beberapa daun, buah, bunga atau batu.
Jadikan perjalan ini adalah landskap yang akan menuuju tujuan "perburuan fiksi" Anda.

4. Ambil Waktu Istirahat
Anak-anak memang sangat mampu melanjutkan, tapi tubuh kecil mereka juga perlu istirahat. Dan juga, istirahat memungkinkan semua orang untuk melihat pemandangan dan mendengar suara yang kita abaikan ketika berjalan. Saatnya untuk membuka makanan ringan dan minum. Anak-anak bisa diajak duduk sambil sedikit bermain. Ketika Anda ingin mengajak untuk melanjutkan perjalanan, tujuk lebih dulu ke titik jauh didepan Anda, dan katakan nanti kita akan istirahat lagi disana.

5. Membuat Jurnal Perjalanan
Biarkan anak Anda bangga telah memiliki pengalaman petulangan. Biarkan mereka menulis dalam buku mereka tentang perjalanan tersebut. Untuk anak-anak yang lebih tua bisa dengan membawakan mereka buku-buku tentang tanaman asli dan referensi burung. Untuk anak-anak yang lebih kecil bisa dengan membawa pensil warna untuk mewarnai.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Tips untuk Hiking dengan anak-anak: Berikan Pengalaman Petualangan DiAlam Bebas"

Posting Komentar