6 Cara Mengamankan Android dari Virus



Sistem operasi Google Android telah mencapai dominasi global dengan pangsa pasar 85%, namun para peneliti keamanan sering mengatakan bahwa popularitas ini juga menjadi target besar dalam penyebaran malware / virus.

Tips Supaya Android Aman dari Virus
Tips Supaya Android Aman dari Virus
(Image: phonearena.com)

Untungnya, Android sangat memprioritaskan keamanan, menggunakan model yang disebut 'sandboxing' dimana setiap aplikasi memiliki domain yang terbatas. Dan lagi, setiap aplikasi akan disharing sangat ketat dalam masuk ke GooglePlay.

Memang Google Play selalu memantau setiap aplikasi, tapi sekarang terdapak jutaan APK yang mengharuskan kita juga harus berhati-hati agar Android kita tidak menjadi sarang virus atau malware. Jadi apa yang harus Anda lakukan untuk menjaga ponsel atau tablet Android Anda agar aman dari virus?

Berikut ini 6 cara untuk mengamankan gadget Android Anda:

1. Selalu gunakan Google Play Store
Cara yang paling mudah adalah selalu mendownload aplikasi lewat toko resmi Android, yakni di Google Play Store.
Disini hampir nol aplikasi jahat. Meskpiun tetap saja ada kemungkinan aplikasi jahat yang lolos sensor GooglePlay

2. Jika perangkat Anda tidak memiliki Google Play Store: download hanya dari toko terpercaya seperti Amazon Appstore.
Beberapa perangkat Android mungkin tidak mempunyai menu Google Play Store. Memang diluar sana sangat benyak penyedia aplikasi, terutama yang gratis, tapi Anda harus ekstra hati-hati. Alih-alih ingin mendapatkan aplikasi gratis, malah malware yang Anda dapat. Selalu gunakan penyedia aplikasi yang kredibel. Kami merekomendasikan Amazon AppStore jika memang pada gadget Anda tidak terdapat Google Play Store.

3. Hindari aplikasi mencurigakan dan aplikasi dari sumber yang tidak diketahui
Beberapa aplikasi mungkin akan menawarkan kesan yang sangat 'menarik', misalnya aplikasi cewek Asia hot dan tanpa pikir panjang Anda langsung menginstal aplikasi tersebut.

Banyak aplikasi malware yang dibungkus dengan iklan yang menggoda, jangan langsung percaya. Jika ingin yang hot-hot, kenapa Anda tidak menggunakan komputer saja?

4. Jangan gunakan aplikasi bajakan.
Jangan gunakan aplikasi bajakan atau aplikasi 'daur ulang.' Terkadang kita tidak tahu mana yang bajakan mana yang asli, untuk meminimalisir ini, selalu gunakan penyedia aplikasi yang kredibel seperti pada poin 1 dan 2 diatas.

5. Selalu update versi Android
Jika versi Android Anda masih jadul, ada baiknya untuk update ke versi terbaru.

6. Pertimbangkan menggunakan Anti-Virus
Jika dirasa masih khawatir, Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai anti virus. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Lookout dan TrustGo.

Demikian tips agar Android aman dari virus. Semoga artikel ini membantu Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Cara Mengamankan Android dari Virus"

Posting Komentar