7 Buah-buahan Ini Ternyata Bisa Membunuh Anda



Beberapa buah-buahan favorit Anda bisa saja berbahaya jika dikonsumsi dengan jumlah besar. Berikut ini kami berikan 7 daftar buah-buahan yang tidak Anda ketahui sebelumnya bisa membunuh Anda.

1. Buah Ackee

Buah Ackee
Buah Ackee

Ackee adalah buah asli Afrika Barat yang juga buah nasional Jamaika. Buah ini berasal dari pohon ackee, sebuah pohon tropis besar yang tumbuh sampai lebih dari 40 meter tingginya. Meskipun buah ackee dijadikan bahan pokok dalam diet orang Jamaika, tapi buah ini sangat beracun jika tidak dimakan dengan benar. Makan buah ackee unripened dapat menyebabkan muntah-muntah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan koma atau kematian. Ackee ini beracun karena mengandung hypoglycerin, untuk menjadikan acknee sebabagai makanan harus diperlakukan secara khusus. Seperti, buah ackee tidak boleh dimakan sampai polong luar kulit ackee terbuka secara alami dan telah berubah menjadi merah.

2. Buah Elderberry

Buah Beracun - Buah Elderberry
Buah Beracun - Buah Elderberry

Elderberry, berry biru tua yang menggantung di cabang-cabang pohon elderberry, buah ini merupakan bahan pokok dalam pembuatan jeli, selai, anggur dan teh. Elderberry banyak ditemukan di Eropa, tetapi telah dikenal secara luas di Amerika Utara. Ternyata selain lezat, buah ini juga mempunyai bagian yang beracun. Daun, biji dan ranting tanaman elderberry mengandung glikosida, yakni zat pembuat sianida. Tergantung pada konsentrasi glikosida, Anda bisa merasakan rasa sakit setelah menelan. Beberapa gejala khas keracunan elderberry seperti koma, diare, muntah dan mual. Namun, meskipun ada bagian elderberry yang beracun, tanaman ini biasanya memiliki tingkat toksisitas yang rendah.

3. Biji Aprikot

Buah Beracun - Biji Aprikot
Buah Beracun - Biji Aprikot

Aprikot adalah buah lezat dan sehat, tetapi Anda harus berhati-hati dengan bijinya. Ironisnya, banyak yang percaya bahwa biji aprikot dapat digunakan untuk mengobati kanker. Hal ini karena biji ini memiliki tingkat vitamin B17, yang merupakan penguat sistem kekebalan tubuh. Padahal mengkonsumsi biji aprikot dengan jumlah besar bisa berakibat fatal. Sifat mematikan mereka adalah hasil dari sianida yang terkandung dalam bijinya.

4. Pohon dan buah Manchineel

Buah Beracun Manchineel
Buah Beracun Manchineel

Manchineel adalah buah bulat seukuran jeruk, buah ini asli Meksiko dan Karibia. Buah Manchineel juga dikenal sebagai "apel pantai", namun buah dan pohon Manchineel ini sangat berbahaya hanya dengan kontak langsung sedikit saja. Mengkonsumsi buah ini dapat langsung menyebabkan radang pada kerongkongan dan mulut serta edema parah. Selain itu, bisa menyebabkan nyeri leher rahim ketika racun yang terkandung dalam manichineel telah mengalir ke kelenjar getah bening. Ketika getah dari pohon manichineel menyentuh kulit Anda dapat menyebabkan luka bakar, melepuh dan peradangan. Pohon ini merupakan spesies pohon yang menghasilkan kontak dermatitis. Jika pohon manichineel ini dibakar dapat menyebabkan iritasi ekstrim pada mata. Orang Aborigin Karibia menggunakan getah pohon ini sebagai racun mematikan dengan mencelupkan panah mereka kedalam getah pohon manichineel.

5. Pohon Spindle Eropa

Pohon Beracun Spindle
Pohon Beracun Spindle

Pohon spindle Eropa merupakan tanaman kecil yang menyediakan banyak makanan untuk burung dan serangga. Banyak digunakan para seniman untuk menciptakan warna arang berkualitas. Pohon ini banyak ditemukan di seluruh wilayah hutan, bentuk pohon ini sangat indah. Tapi jangan pernah menggigit buah pohon spindle, tidak peduli seberapa menggodanya buah pohoh ini. Pohon dan buahnya memiliki kemampuan pencahar yang digunakan untuk menanggulangi gangguan pencernaan ekstrim. Beberapa tetes pohon spindle saja bisa menguras semua isi perut Anda! Dosis yang besar dapat menyebabkan sakit perut yang luar biasa. Beberapa gejala lain dari keracunan pohon spindle seperti mual dan diare. Jadi jangan menelan lebih dari tiga biji kecuali Anda ingin membersihkan semua isi perut dan mempunyai pengalaman rasa sakit yang luar biasa hebat!

6. Buah Jatropha

Buah Beracun Jatropha
Buah Beracun Jatropha

India dan beberapa negara lain telah melaporkan beberapa kasus di mana anak-anak dan orang dewasa telah dirawat di rumah sakit setelah menelan buah Jatropha dan mengalami gejala keracunan akut akibat buah Jartopha. Rasa sakit yang ekstrim yang disebabkan oleh buah Jatropha membuat buah ini mendapatkan julukan "purge nut” dan “black vomit nut". Jika menelan buah ini, orang akan mengalami tenggorokan terbakar, serta nyeri perut akut. Gejala-gejala ini diikuti oleh muntah, mual dan diare. Gejala berat yang disebabkan mengkonsumsi Jatropha adalah kolaps kardiovaskular dan dehidrasi yang bisa berakibat fatal. Akibat yang sangat fatal karena Jatropha dapat menyebabkan gastroenteritis hemoragik. Jika gejala ini tidak diobati, dapat menyebabkan depresi sistem saraf pusat yang parah.

7. Tanaman Strychnine

Tanaman Beracun Strychnine
Tanaman Beracun Strychnine

Strychnine merupakan tanaman asli Australia dan Asia selatan. Buah dari tanaman yang sangat mematikan ini sudah digunakan untuk membuat racun selama berabad-abad di seluruh dunia. Racun berasal dari biji buah strychnine, dan bahkan dalam jumlah kecil saja dapat menyebabkan kematian. Benih strychnine kering dapat menyebabkan sakit perut yang parah, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung. Gejala yang lebih ringan seperti gangguan indera penciuman, sentuhan, pendengaran dan penglihatan, yang menyebabkan buah ini disalahgunakan untuk obat-obatan terlarang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Buah-buahan Ini Ternyata Bisa Membunuh Anda"

Posting Komentar