7 Tips Menulis Artikel untuk Situs Mobile



Menulis artikel untuk Mobile Site (situs/web untuk perangkat mobil seperti handphone dan gadget) tidak sama dengan menulis untuk situs yang biasa diakses lewat komputer.

Cara Menulis Artikel untuk Situs Mobile
Mobile Site
(Photo: BBCIndonesia)

Layar ponsel yang relatif kecil tidak cocok untuk artikel yang panjang apalagi sampai beberapa paragraf. Dibutuhkan perlakukan khusus untuk menulis artikel yang ditujukan untuk mobile site.

Berikut ini tips menulis untuk situs mobile:

1. Makin pendek makin baik.
Jangan sampai menulis artikel terlalu panjang, cukup dengan 150 karakter saja.

2. Memakai bahasa yang sederhana
Pengguna telepon genggam membaca berita menggunakan layar yang kecil, jadi gunakan kosakata yang sederhana dan pemilihan kalimat yang langsung ke sasaran.

3. Artikel jangan kepanjangan
Selalu ingat, Anda menulis untuk perangkat mobile, buka untuk komputer. Jadi tetap berpagang teguh pada prinsip makin pendek makin baik. Misalnya Anda menulis sampai 10 paragraf atau lebih, ini akan menyulitkan pengguna gagdet dalam membaca berita.

Menulis dengan panjang 10 paragraf atau lebih tidak masalah untuk situs berita dengan pembaca yang mengakses situs berita melalui komputer.

4. Sebisa mungki tidak menggunakan kata-kata sifat, kecuali memang tidak bisa dihindari.

5. Pergunakan singkatan
Misalnya Anda ingin menulis suatu nama lembaga yang panjang, gunakan saja singkatannya dalam artikel. Tentunya diawal telah disebutkan lebih dulu kepanjangan dari singkatan tadi.

6. Judul berita
Judul berita harus singkat tapi juga harus jelas. Idealnya 38 karakter, karena jika lebih dari 38 karakter, judul akan terbagi menjadi dua baris dalam layar telepon.

7. Selalu cek sebelum publish
Selalu cek dan cek lagi berulang-ulang sebelum menerbitkan artikel Anda. Kesalahan dalam penerbitan tidak bisa diperbaiki karena seluruh dunia sudah terlanjur melihat kesalahan tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Tips Menulis Artikel untuk Situs Mobile"

Posting Komentar