Anton Sukhinski, Pahlawan Holocaust yang Jarang Dikenal



Ketika kita berpikir tentang pahlawan Holocaust, sebagian besar dari kita akan merujuk pada sosok Oskar Schindler dan daftar terkenal lainnya. Namun Schindler hanya salah satu dari banyak pria dan wanita yang mengambil sikap terhadap kekejaman sistem Hitler ini.

Anton Sukhinski
Anton Sukhinski
(Photo: Wikipedia)

Apa itu Holocaust?
Selama ratusan tahun, kata "holocaust" digunakan dalam bahasa Inggris untuk merujuk kepada suatu peristiwa "pembantaian besar", namun sejak tahun 1960-an, istilah ini mulai digunakan oleh para pakar dan penulis populer untuk menggambarkan genosida terhadap umat Yahudi. Pada tahun 1978, sebuah mini seri berjudul Holocaust mulai mempopulerkan penggunaan istilah ini dalam bahasa sehari-hari. (Sumber: Wikipedia)

Salah satu pahlawan Holokaus yang jarang dikenal adalah Anton Sukhinski.

Anton Sukhinski merupakan penduduk kota Zborow, Polandia. Dia dikenal sebagai orang gila yang tinggal di luar kota kecil, di gubuk reyot. Sukhinski dianggap sebagai orang aneh oleh penduduk lokal, orang-orang mengolok-olok dia sebagai orang desa idiot. Tapi ketika Nazi datang ke Polandia, Sukhinski adalah satu-satunya pria di kota Zborow yang mau membantu orang-orang Yahudi melarikan diri dari kekejaman sistem holokaus Nazi.

Sukhinski membawa seorang gadis enam belas tahun, menjaga gadis tersebbut dan menyembunyikan di ruang bawah tanahnya. Sukhinski juga menawarkan perlindungan kepada keluarga Zeigers, keluarga yang ia kenal sebelum perang. Ketika Zeigers menerima tawaran Sukhinski, mereka juga membawa seorang teman keluarga dan seorang gadis yatim piatu, hingga jumlah pengungsi yang dirawat oleh Sukhinski berjumlah tujuh orang.

Banyak peristiwa menegangkan selama persembunyian mereka, hingga akhirnya, Sukhinski menggali lubang di ruang bawah tanah miliknya untuk menyembunyikan mereka. Para pengungsi ini menghabiskan sembilan bulan di lubang kecil, tidak bisa bergerak, sementara Sukhinski membawa mereka makanan kecil yang bisa bisa ia dapat untuk mereka.

Setelah Nazi diusir dari Polandia, korban Sukhinski nyaris tidak bisa berjalan, tetapi mereka masih hidup. Keenam orang Yahudi ini berpisah, tetapi mereka tidak pernah lupa pengorbanan Anton Sukhinski ini. Pada tahun 1974, orang tua eksentrik ini mendapat penghargaan dari Yad Vashem, museum Holocaust resmi di Israel, dan diakui sebagai salah satu “Righteous Among the Nations.”

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Anton Sukhinski, Pahlawan Holocaust yang Jarang Dikenal"

Posting Komentar