Apakah Aman Menyusui Bayi Saat Flu ?



Sebagai ibu dari si kecil yang peduli tentunya akan memberika ASI ekslusif, tapi bagaimana jika si ibu sedang flu atau sakit? Apakah aman untuk si bayi, apakah flu tidak menular ketika kita sedang berdekatan dengan si bayi?

Ibu Menyusui ASI
Menyusui memberikan banyak nutrisi pada bayi
(photo: idiva.com)

Menyusui memberikan bayi kecil dengan banyak nutrisi untuk membantu mereka tumbuh dengan cepat dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh mereka. Susu seorang ibu sudah sesuai dengan kebutuhan anak, susu akan memberikan setiap sen dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan seorang bayi. Bahkan susu akan menghasilkan antibodi untuk melawan semua penyakit yang dapat mempengaruhi si kecil.

Dikutip dari situs idiva.com, berikut ini penjelasan dari pakar Ahli Kandungan & Ketua Internasional Fertility Center, Delhi, India, Dr Rita Bakshi "Menyusui ketika sang ibu sedang sakit adalah benar-benar aman."

Dijelaskan pula oleh Ms. Priti Seth, salah satu pemilik spa, Pachouli-Spa and Wellness Centre, New Delhi, ""Menyusui tidak menimbulkan resiko karena bakteri tidak akan masuk ke ASI Anda."

Jadi tidak ada alasan Anda lagi untuk berhenti menyusui bayi Anda, bahkan jika Anda jatuh sakit sekalipun.

"Dengan atau tanpa menyusui, bayi Anda kemungkinan besar akan terkena penyakit Anda. Namun, ketika Anda sakit, tubuh Anda akan membuat antibodi untuk membantu melawan penyakit," kata Dr Bakshi.

Antibodi dalam ASI akan membantu bayi dalam melawan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Dr Bakshi juga menambahkan, "Keuntungan dari menyusui adalah bahwa antibodi akan diteruskan ke bayi Anda melalui ASI yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi Anda."

Meskipun menyusui saat sakit sangat aman bagi bayi, tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Seperti jika Anda sakit, sebaiknya perhatikan obat yang Anda minum. Beritahu pada dokter Anda ketika berobat bahwa Anda dalam keadaan menyusui bayi.

Ms Priti Seth menambahkan, "Kewaspadaan harus dilakukan saat mengambil obat-obatan, sehingga sangat penting untuk memberitahu dokter Anda bahwa Anda sedang menyusui dan memastikan bahwa antibiotik yang anda konsumsi adalah kompatibel. Banyak antibiotik dianggap aman untuk konsumsi saat menyusui bayi."

Tentunya menyusui bayi dalam keadaan Anda prima adalah yang terbaik, jadi usahakan agar sakit Anda cepat pulih hingga bisa kembali memberikan ASI ekslusif dengan nyaman kepada buah hati Anda. (sumber: idiva.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah Aman Menyusui Bayi Saat Flu ?"

Posting Komentar