Biografi Singkat Zinedine Zidane



Zinedine Yazid Zidane menjadi salah satu bintang sepakbola terbesar di dunia sebagai gelandang, Zidane menjadi Pemain Terbaik Dunia Tahun pada tahun 1998, 2000, dan 2003.

Sejarah Lengkap Zinedine Zidane
Zinedine Zidane
(Photo: Jose Jordan, AFP/Getty Images)

Zidane mencetak dua gol untuk membantu Prancis mengalahkan Brasil di 1998 pertandingan final Piala Dunia. Jiwa kepemimpinannya dan kejeniusannya dalam dribbling mendapat pengakuan lawan-lawannya sepanjang karir.

Zidane lahir pada tanggal 23 Juni 1972, di Marseille, Prancis, dari orang tua Aljazair. Ia memulai karir profesionalnya dengan Cannes sebelum bergabung dengan Bordeaux pada tahun 1992.


Ia bergabung dengan tim Italia, Juventus pada tahun 1996 yang kemudian mempersembahkan dua kali kejuaraan Liga Italia.

Pada tahun 2001, Zidane ditransfer ke Real Madrid di Spanyol. Dia membantu tim memenangkan gelar Eropa Liga Champions tahun 2002 dengan mencetak gol kemenangan.

Zidane pensiun sebagai pemain sepakbola pada tahun 2006 setelah bermain di turnamen Piala Dunia di mana Prancis kalah dari Italia di laga final. Dalam pertandingan terakhirnya ini terjadi insiden dimana Zidane menanduk Marco Materazzi setelah terlebih dulu Materazzi memprovokasi dengan kata-kata kotor.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Biografi Singkat Zinedine Zidane"

Posting Komentar