Fakta Lengkap Negara Zambia



Zambia adalah sebuah negara di selatan-tengah Afrika. Negara ini merupakan salah satu produsen tembaga terbesar di dunia. Zambia mengekspor tembaga ke berbagai belahan dunia.

Sejarah negara zambia
Lusaka, ibukota negara Zambia
(Image: Ian Murphy, Stone/Getty Images)

Asal kata Zambia berasal dari nama Sungai Zambezi, yang mencakup sebagian besar perbatasan selatan negara itu. Di Negara Zambia ini terdapat air terjun Victoria, yang merupakan air terjun paling indah di duni. Terdapat juga danau Kariba yang indah, danau ini berada di Sungai Zambezi yang mencakup negara Zambia dan Zimbabwe.

Pada zaman pendudukan Inggris, Zambia dikenal dengan nama Northern Rhodesia. Dari tahun 1953 hingg 1963, Zambia merupakan bagian dari Federasi Rhodesia dan Nyasaland dengan Nyasaland (sekarang Malawi) dan Rhodesia Selatan (sekarang Zimbabwe). Zambia menjadi negara merdeka pada tahun 1964. Kota terbesar di Zambia adalah Lusaka.

Sistem Pemerintahan Zambia.
Zambia dipimpin oleh seorang presiden yang merupakan pejabat yang paling berkuasa di Zambia. Para pemilih memilih sebagian besar anggota Majelis Nasional, badan legislatif negara, meskipun beberapa anggotanya diangkat oleh presiden.

Presiden menunjuk seorang wakil presiden dan kabinet untuk membantu menjalankan urusan pemerintahan. Penduduk Zambia memilih presiden dan anggota Majelis untuk periode lima tahun.

Penduduk Zambia
Kebanyakan penduduk Zambia berbicara dengan bahasa Bantu. Ada lebih dari 70 kelompok etnis dan delapan bahasa lokal utama yang digunakan di Zambia. Banyak orang juga yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Mayoritas penduduk Zambia adalah Kristen, tapi kepercayaan tradisi lokal masih sangat kuat pada orang-orang desa. Namun, penggunaan obat tradisional, dan kebiasaan lama seperti poligami dan mahar (membayar orang tua untuk pengantin), secara perlahan mulai punah di kota-kota.

Kebanyakan anak Zambia menempuh sekolah dasar. Tapi hanya seperlima dari mereka yang melanjutkan ke sekolah tinggi.

Wilayah Zambia
Wilayah Zambia sebagian besar dataran dan ditutupi dengan pohon-pohon dan semak-semak. Zambia terletak di dataran tinggi sekitar 4.000 kaki (1.200 meter) di atas permukaan laut. Bahkan ada dataan tinggi yang mencapai 7.000 kaki (2.100 meter) di atas permukaan laut, yakni di pegunungan Muchinga di timur laut.

Musim panas di Zambia hanya berlangsung dari September hingga November. Suhu siang berkisar antara 27 sampai 38°C. Dari November hingga April, Zambia memiliki musim hujan. Badai hebat membanjiri sungai pada bulan Maret.

Dari Mei hingga Agustus suhu berkisar antara 16-27°C. Zambia Utara mendapat sekitar 50 inci (130 cm) curah hujan per tahun. Sedangkan Zambia Selatan mendapat 20 sampai 30 inci (51-76 cm).

Perekonomian Negara Zambia
Zambia mrupakan negara miskin. Banyak penduduk yang hidup dalam kemiskinan. Zambia bergantung pada bantuan asing.

Zambia adalah salah satu penghasil tembaga terkemuka di dunia. Beberapa tambang tembaga terletak di daerah yang disebut copperbelt, di sepanjang perbatasan Zambia dengan Republik Demokratik Kongo (DRC).

Sebagian besar penduduk Zambia bekerja sebagai petani. Jagung merupakan produk pertanian yang paling penting. Tanaman terkemuka lainnya termasuk singkong, kacang tanah, tebu, tembakau, dan sayuran.
(sumber: WorldBook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Lengkap Negara Zambia"

Posting Komentar