Fakta Menarik Kerang Zebra, Hama Utama Amerika Utara



Kerang Zebra merupakan kerang air tawar. Kerang Eurasia ini merupakan hama utama di Amerika Utara. Di bagian Great Lakes, jutaan kerang zebra menyumbat pipa air minum, irigasi, dan industri.

Akibat hama Kerang Zebra
Kerang Zebra

Melimpahnya populasi kerang Zebra ini membuat banyak kesulitan seperti mengganggu kapal yang akan merapat di dermaga, mengganggu jaring para penangkap ikan.
Kerang ini juga dapat mengancam habitat berbagai jenis ikan dan kerang asli Great Lakes.

Hama Kerang zebra tumbuh sekitar 2 inci (5 cm), dan banyak memiliki garis-garis. Setiap kerang menempel pada permukaan yang keras dengan memproduksi jumbai benang lengket byssal. Zebra kerang memakan organisme mengambang kecil yang disebut plankton. Kerang sendiri dimakan oleh beberapa jenis ikan dan bebek saat menyelam.

Kerang Zebra berasal daerah sekitar Laut Kaspia dan laut Hitam. Mereka pertama kali ditemukan di Amerika Utara pada tahun 1987.

Pada tahun 1994, kerang Zebra telah menyebar ke semua Great Lakes, Hudson dan sungai Mississippi. Ahli biologi percaya bahwa mereka akhirnya akan menyebar ke lebih dari setengah danau dan sungai dari Amerika Utara.

Kalau keadaan ini dibiarkan, bisa jadi semua wilayah perairan di Amerika Utara tidak terdapat makhluk hidup air kecuali kerang Zebra.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Menarik Kerang Zebra, Hama Utama Amerika Utara"

Posting Komentar