Fakta Menarik Negara Zimbabwe



Zimbabwe adalah sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika bagian selatan. Sebagian besar negara merupakan dataran tinggi.

Zimbabwe Photo: David Wall, Alamy Images
Zimbabwe
Photo: David Wall, Alamy Images

Pemandangan indah di Zimbabwe seperti Victoria Falls yang terkenal di Sungai Zambezi di sepanjang perbatasan utara negara itu. Zimbabwe yang terkenal akan mineralnya ini memunya ibukota Harare

Pemerintahan Zimbabwe
Pemerintah Zimbabwe dipimpin oleh seorang presiden yang bertindak sebagai kepala negara sekaligus memimpin pemerintah. Presiden menunjuk dua wakil presiden dan Kabinet untuk membantu tugas-tugasnya.

Parlemen Zimbabwe terdiri dari 210 anggota House of Assembly dan 93 anggota Senat. Para anggota DPR yang dipilih oleh rakyat akan menjabat selama lima tahun. Di Senat, 60 anggota yang dipilih oleh rakyat, 10 gubernur provinsi dicalonkan oleh presiden, 16 kepala provinsi diangkat oleh presiden, dan 7 anggotanya diangkat oleh presiden. Anggota Senat menjabat selama lima tahun. Senat bisa memveto hukum yang disahkan oleh Dewan Majelis.

Penduduk Zimbabwe
Sekitar 98 persen dari penduduk Zimbabwe adalah orang-orang kulit hitam keturunan Afrika. Sekitar 1 persen keturunan Asia atau kulit berwarna (orang keturunan campuran). Sisanya adalah orang kulit putih keturunan Eropa.

Sekitar dua-pertiga dari orang kulit hitam tinggal di daerah pedesaan. Sebagian besar kulit putih, Asia, dan kulit berwarna tinggal di kota-kota. Kelompok etnis Afrika terbesar di Zimbabwe adalah Shona (sering disebut Mashona) dan Ndebele (sering disebut Matabele). Shona menggunakan bahasa yang disebut chiShona, dan Ndebele berbicara dengan bahasa isi Ndebele.

Kebanyakan orang kulit hitam di Zimbabwe adalah petani. Tanaman utama mereka, jagung, ditumbuk menjadi tepung untuk membuat hidangan yang disebut sadza.

Tanah dan iklim Zimbabwe
Sebagian besar wilayah Zimbabwe adalah dataran tinggi dari 3.000 sampai 5.000 kaki (910 sampai 1.500 meter) di atas permukaan laut.

Musim panas di Zimbabwe berlangsung dari Oktober sampai April. Musim dingin dari Mei sampai September. Suhu rata-rata di kisaran antara 12 dan 29° C, dan rata-rata curah hujan bervariasi 38 cm per tahun di barat sampai 50 130 cm inci di timur.

Perkonomian Zimbabwe
Zimbabwe adalah negara miskin dan terbelakang. Negara ini memiliki tingkat pengangguran yang tinggi, dan banyak dari rakyatnya hidup dalam kemiskinan.

Pada awal 2000-an, Zimbabwe mengalami inflasi yang cepat yang merusak nilai mata uang negara tersebut. Inflasi ini, bersama dengan pengangguran dan pasokan kekurangan, rusak parah perekonomian Zimbabwe. Pada tahun 2009, pemerintah negara itu mulai menggunakan dolar AS untuk mengendalikan inflasi.

Sampai sekarang Zimbabwe masih merupakan negara miskin dan terbelakang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Menarik Negara Zimbabwe"

Posting Komentar